Wednesday, June 11, 2014

Cake Pandan Putih Telur

Saya belum pernah membuat cake dengan hanya menggunakan putih telur saja tanpa kuning telur. Kalau buat cake yang menyisakan putih telur, biasanya si putih telur saya masukkan tupperware dan simpan di kulkas. Akan saya gunakan untuk bahan pencelup seperti homemade nugget. Tapi seringnya saya kelupaan sama si putih telur ini dan berujung di tempat sampah. Jadi seringnya malas juga buat cake yang pakai kuning telur banyak.


Sabtu kemarin ipar saya ulang tahun dan saya membuatkan carving cake, base cakenya devil's food cake yang pakai kuning telurnya juga segambreng itu, sekalipun hanya membuat 0,4 resep tapi tetap saja ada 8 buah putih telur tersisa di kulkas. Sayang kan kalau terbuang percuma si putih telur. 

Akhirnya saya googling cari resep cake dengan putih telur saja. Sebenarnya gak terlalu berharap cakenya enak juga yang penting putih telurnya kepakai. Karena bayangan saya cake hanya dengan putih telur saja apa enak ya, selain bau telur terus gak lembut deh. Ternyata gak juga tuh, cake putih telur pandan ini gak bau amis sama sekali mungkin tertutup sama aroma pasta pandan, pori-porinya halus. Teksturnya juga ringan hampir seperti bolu kukus tapi lebih ringan lagi, beda sama cake yang pakai kuning telur. Untuk rasa, ya standarlah, dibilang enak banget juga gak, dibilang gak enak juga gak. Buat cemilan sih lumayan juga, rasanya ringan dan manis, tapi anak bungsu saya bolak-balik ngambil, gak tahu doyan apa lapar ya.


Penggunaan emulsifier atau pengembang pada adonan tidak saya skip, karena cake ini tidak menggunakan kuning telur sama sekali, sementara kuning telur itu kan emulsifier alami. Jadi daripada beresiko cake tidak mengembang, saya tetap menggunakan emulsifier.

Karena putih telur yang saya punya cuma 300 ml (dari sekitar 8 putih telur, tergantung ukuran telurnya juga ya) jadi saya hanya buat 3/4 resep saja. Berhubung juga mau coba loyang baru, saya panggang pakai loyang berdiameter 18 cm dengan tinggi 4 cm. Saya tahu pasti adonannya gak bakal muat, jadi rencana sisa adonan saya panggang dengan papercup. Ternyata setelah dituang ke papercup masih ada adonan sisa juga, akhirnya saya tuang lagi ke loyang yang 18 cm, jadi adonannya penuh dan akibatnya mbleber pas dipanggang. 


Sekalipun tumpahnya cuma dikit, tapi tetap saja merusak penampilan si cake. Seharusnya saya pakai loyang 18 cm yang tingginya 7 cm. Akhirnya pas matang, cakenya saya balik, bagian permukaannya saya jadikan alas, supaya gak jelek-jelek amat. 




Yang pakai paper cup tadinya mau saya hias fondant, hitung-hitung belajar dekor pakai fondant, tapi setelah matang karena tekstur cake yang terlalu ringan, akhirnya batal deh dekor pakai fondant, karena katanya, yang pernah saya baca nih, fondant kan berat, bisa-bisa ambles si cupcake putih telur ini kalau ditutup fondant, terus beralih mau saya dekor pakai buttercream ready use-nya hollman saja kebetulan ada sisa dekor cake ultah ipar saya  juga, eh keburu habis dimakan baru inget belom didekor.



Cake Pandan Putih Telur
Sumber : Rina Rinso

Bahan :

  • 400 cc putih telur
  • 200 gr gula pasir  
  • 1 sdt emulsifier
  • 200 gr margarine cair
  • 175 gr terigu (saya pakai protein sedang)
  • 25 gr maizena
  • 1 sdm pandan pasta
Cara membuatnya :
  • Panaskan oven dan siapkan loyang diameter 22 (saya pakai loyang 18 cm plus papercup), alasi kertas roti dan olesi dengan margarin.
  • Campur dan ayak terigu + maizena, sisihkan.
  • Kocok putih telur dan emulsifier sampai mengembang lalu masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mulai berjejak.
  • Masukkan terigu dan aduk rata. 
  • Tambahkan margarine cair, aduk balik. 
  • Tambahkan pandan pasta, aduk rata.

  • Tuang adonan ke dalam loyang.

  • Panggang hingga matang (lupa kemarin berapa menit, tapi kayaknya lebih dari 30 menit deh).


     

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...