Wednesday, June 4, 2014

Bolu Marmer Jadul

Saya sudah pernah buat bolu marmer jadul tapi dengan menggunakan resep pak Sahak, kali ini saya coba buat bolu marmer versi ibunya mbak Mia member milis ncc. Resepnya mbak Mia ini sudah pernah saya eksekusi juga tempo hari, tapi hasil akhirnya bantat seperti karet, tidak tahu salahnya di mana waktu itu. Karena masih penasaran saya coba buat lagi. 


Sebenarnya modal nekat juga sih karena di resep tertulis menggunakan emulsifier, sementara saya tidak punya emulsifier jadi saya skip penggunaannya. Kemudian saya menggunakan full margarine, tidak berani mengkombinasikan dengan butter karena trauma pernah bantat waktu buat cake ini, sayang kan butternya kalau sampai bantat, lagian jaman dulu juga rata-rata orang buat cake pakai full blue band udah enak banget kan. 

Karena tanpa pengembang, mengocok adonan dengan mixernya jadi agak lama sekitar 15 menit. Itupun mixer saya sudah mulai panas, maklum mixer yang saya punya bukan mixer heavy duty, karena saya buat kue hanya untuk konsumsi sendiri jadi pakai standing mixer biasa. Sempet deg-degan, kirain bakalan bantat lagi, karena adonannya menurut saya tidak terlalu kental. Saya memang jarang membuat cake dengan metode all in one seperti kali ini. Metode all in one itu semua bahan dikocok bersamaan di awal. Tapi ternyata jadi juga tuh bolunya, mengembang dengan sempurna ketika dipanggang. Sayangnya saya menggunakan api atas bawah sejak pertama adonan masuk, jadinya atasnya coklat banget seperti hangus, tapi rasanya tidak pahit, cuma kurang bagus saja penampakannya. Lain kali harusnya api atas dinyalakan setelah separuh waktu pemanggangan.

Rasanya bener-bener seperti bolu jaman dulu, lumayan enak sih, tidak terlalu padat seperti kalau makan buttercake tapi juga tidak seret di kerongkongan, cuma agak kemanisan sedikit.

Bolu Marmer Jadul
Sumber : ibunya Mia Indriasari (member milis ncc)


Bahan :
  • 5 butir telur telur utuh
  • 3 butir kuning telur
  • 150 gr teringu
  • 200 gr gula pasir
  • 1/2 sdt SP (saya gak pake)
  • 300 gr margarine, lelehkan1 gr vanilli bubuk 
  • Pasta cokelat (saya pakai pasta black forest)
Cara Membuat : 
  • Semua bahan dikocok, kecuali margarine, hingga putih mengembang. 
  • Tambahkan margarin cair berlahan-lahan sambil di aduk balik. 
  • Ambil sedikit adonan, beri pasta cokelat, aduk rata. 
  • Tuang adonan putih kedalam loyang (yang sudah dioles margarine dan ditaburi tepung), saya menggunakan loyang tulban diameter 20 cm, hasil akhir cake melambung tinggi melewati tinggi loyang, tapi tidak masalah, seperti harus menggunakan loyang yang lebih besar.
  • Tuang adonan cokelat sambil diputar dengan garpu untuk membuat bentuk marmer. 
  • Panggang dalam oven hingga matang lebih kurang 50 menit.

Happy baking.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...