Wednesday, December 11, 2013

Sus Isi Vla Cokelat

Tadi malam saya buat puding dengan vla coklat. Pudingnya sih pakai puding instan yang tinggal dicampur air trus dimasak, simple kan, tapi untuk vlanya saya buat sendiri, dan ternyata vlanya kebanyakan. Trus coba hunting resep sus deh, vla pudingnyanya bisa buat isian sus, tinggal buat kulit susnya aja. Sayangnya saya lupa mengentalkan lagi vlanya, jadi makan susnya agak belepotan deh, karena vlanya kurang kental, tapi dari segi rasa sih vlanya enak. 

Untuk kulit susnya saya menggunakan resepnya ncc, dengan terigu protein tinggi, sehingga hasil kulitnya cukup kokoh. Yang saya baca ketika blogwalking, ada juga yang bilang bisa menggunakan terigu protein sedang untuk hasil kulit yang lebih lembut, hanya kurang kokoh. Jadi tergantung kebutuhan sih, mau kulit sus yang kokoh atau yang lembut. Lain kali sepertinya saya akan coba dengan terigu protein sedang saja.

SUS ISI VLA COKLAT
Sumber : NCC

BAHAN KULIT :


  • 100 gr margarine
  • 1 sdm gula pasir
  • 225 ml air
  • 125 gr terigu protein tinggi
  • 4 butir telur

BAHAN ISI : 


  • 700 ml susu cair (saya pakai susu kental manis yang dicairkan)
  • 150 gr gula pasir (saya tidak pakai)
  • 50  gr tepung maizena (saya pakai tepung custard)
  • 1/4 sdt garam (saya tidak pakai)
  • 2 butir kuning telur (saya hanya pakai 1 butir, karena sudah pakai tepung custard)
  • 1 sdm mentega (saya tidak pakai)
  • Rum secukupnya (saya pakai 1 sdm)
  • 1 sdm pasta coklat black forest (resep asli tidak pakai)
  • 50 gr dark cooking coklat cincang (resep asli tidak pakai)

CARA MEMBUAT KULIT :
  • Rebus air, margarine dan gula hingga mendidih.
  • Masukkan terigu sambil diaduk hingga menjauh dari dinding panci.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Masukkan telur satu-persatu sambil dikocok dengan mixer.
  • Panaskan oven.
  • Semprotkan adonan ke loyang kue kering yang sudah dioles mentega sedikit (jangan terlalu banyak, nanti kulit sus akan mengembang 2 kali dan bisa bergeser menyebabkan kulit saling menempel).
  • Saya menggunakan cetakan pie ukuran kecil, karena oven saya cukup kecil jadi tidak takut kulit sus akan saling menempel.
  • Panggang dalam oven dengan suhu tinggi 200 derajat celcius (saya 190 derajat celcius api atas bawah) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarine di dalamnya.

CARA MEMBUAT VLA :

  • Cairkan maizena dengan sebagaian susu, sisihkan.
  • Kocok lepas kuning telurm cairkan dengan sedikit susu, campur dengan larutan maizena.
  • Didihkan sisa susu dengan gula dan dark cooking coklat cincang, tambahkan 1 sdm pasta black forest.
  • Tuang larutan maizena, aduk hingga meletup-letup.
  • Angkat, panas-panas masukkan 1 sdm mentega, aduk rata.
  • Tutup permukaan vla dengan plastik agar tidak berkulit. Biarkan hingga dingin.

PENYELESAIAN :

  • Gunting sedikit kulit sus.
  • Dengan bantuan piping bag, isi setiap kulit sus dengan vla.
  • Taburi gula halus di atasnya (saya tidak pakai)

CATATAN : 

  • Jangan sekali-kali membuka pintu oven selama proses pemanggangan karena akan menyebabkan rongga pada kulit sus tidak akan terbentuk. 
  • Awalnya saya hanya menggunakan api bawah dan ternyata sus tidak mekar, keburu saya keluarkan dari oven. Ketika digunting, rongga pada kulit sus tidak terbentuk.
  • Pada pemanggangan kedua saya menggunakan api atas bawah dan kulit sus mengembang bagus sekali. Ketika diangkat pun, dan digunting terbentuk rongga untuk tempat isi vla.
  • Kulit sus pertama yang saya pikir gagal, saya coba panggang lagi, ternyata berhasil mengembang sekalipun tidak sebesar hasil panggangan yang kedua, tapi setelah dikeluarkan dari oven dan digunting, ternyata rongga dalam kulit kali ini terbentuk.
  • 1 resep ini bisa jadi 32 buah kue sus ukuran sedang.
  • Akhirnya saya mencoba lagi membuat sus ini dengan tepung terigu protein sedang, dan kulit susnya lembut banget persis seperti kulit sus yang suka saya beli di bakery langganan saya. Saya sendiri lebih menyukai sus yang menggunakan terigu protein sedang ketimbang protein tinggi. Tapi kembali ke selera masing-masing ya, biar tahu mending coba buat aja dua-duanya.

3 comments:

  1. hai mbak.. aq udah praktek resepnya.. berhasil ngembang dengan sempurna sih,tapi.... kok bgian bawahnya malah bolong ya.. jd kayak gak punya alas gt kulitnya ):
    mbak tau gak kira2 apa penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak Ticka, tks ya reviewnya. Kalo bagian bawah bolong mungkin pas nyemprot adonan ke loyang bagian bawah kulit sus tidak tertutup rata, saya juga pernah seperti itu, karena saya semprot adonan pakai spuit dan pipping bag, saya semprot dengan cara memutar ke atas seperti menghias kue gitu, sepertinya bagian bawahnya tidak tertutup adonan, jadi bolong deh. Next time, pastikan bagian alasnya ketutup adonan sus dulu ya, coba lagi deh (^-^))

      Delete
  2. salam kenal...bgmn solusi agar bagian bwh kulit sus hasilnya tdk bolong dan menempel...pdhal loyang sdh sy oles mentega..tq

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...