Tuesday, December 10, 2013

Brownies Kukus Ketan Hitam

Lagi-lagi brownies ... kali ini versi kukus dan menggunakan tepung ketan hitam. Saya tidak tahu kenapa cake kukus ini disebut brownies. Dalam pemahaman saya, brownies itu cake yang dibuat sedemikian rupa supaya hasilnya bantat, dengan adonan yang asal diaduk tanpa mixer dan tekstur cakenya nantinya padat. Tapi brownies kukus ini menabrak pakem brownies sesungguhnya, di mana adonan dikocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang dan margarine dimasukkan dengan teknik aduk balik supaya kue tidak bantat. Teknik pembuatan brownies versi kukus ini malah cenderung seperti pembuatan sponge cake.

Sejujurnya saya tidak terlalu tertarik buat cake kukus ini, karena dalam bayangan saya cake kukus cenderung bau telur, rasanya akan seperti bolu kukus, gak tahu kenapa saya tidak terlalu suka dengan bolu kukus. Tapi dari berbagai testimoni yang saya baca di google, katanya brownies kukus ini enak. Karena penasaran saya coba buat versinya Ricke 'ordinary kitchen' dan di luar dugaan saya, sekalipun tampangnya jauh dari menarik tapi brownies kukus ini enak banget, rasanya legit, 'nyoklat' banget, gak ada tuh yang namanya bau telur atau amis. Ditambah rasa ketan hitamnya yang seperti berpasir, hmmmh... sepotong gak bakalan cukup...

Resep yang saya cantumkan di bawah ini full satu resep, tapi saya hanya membuat 1/2 resep saja karena loyang yang saya pakai hanya berdiamter 18 cm dan bisa dipotong menjadi 16 bagian.

BROWNIES KUKUS KETAN HITAM
Sumber : Ricke

BAHAN :

250 gr tepung ketan hitam siap pakai
6 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt emulsifier 
1/2 sdt garam
2 sdm SKM 
1 sdt vanilla
20 gr coklat bubuk
100 gr DCC
200 gr minyak goreng/ margarin
Coklat meises secukupnya untuk taburan

CARA MEMBUAT :
  • Panaskan dandang, alasi tutupnya dengan serbet bersih. 
  • Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti. 
  • Lelehkan Dcc, tambahkan minyak, atau mentega cair, sisihkan. 
  • Ayak tepung ketan hitam dengan coklat, sisihkan.
  • Kocok gula, telur, emulsifier dan garam hingga benar-benar mengembang dan berjejak, tambahkan SKM dan vanilla, kocok rata. 
  • Masukan tepung ketan hitam, sedikit-sedikit sambil dikocok dengan mixer berkecepatan rendah. 
  • Masukan coklat yang telah dilelehkan dan dicampur dengan minyak atau mentega. 
  • Aduk balik hingga rata. 
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. 
  • Masukan adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. 
  • Tambahkan meises, biarkan sebentar lalu tuangi dengan setengah bagian adonan, kukus lagi selama 20-25 menit atau hingga kue matang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...