Monday, December 16, 2013

Donat Topping Glaze

Anak saya penggemar berat donat jco, jadi dari pertama saya suka buat kue untuk cemilan di rumah, donat lah yang pertama kali bisa saya buat, sekalipun teksturnya belum bisa se'kopong' donat jco, tapi minimal sudah empuk dan yang paling penting anak saya suka, sekalipun terkadang tanpa topping. Donat yang saya buat biasanya menggunakan kentang atau labu kuning.

Tadi malem pas anter mertua belanja bulanan ke hypermart, saya pilih untuk menunggu di jco sambil menikmati segelas cokelat panas plus donat topping glaze. Jadi terpikir mau bikin donat dengan topping glaze juga. Paginya saya eksekusi di dapur si donat ber'glaze' ini, tapi kali ini tanpa kentang atau labu kuning. Buatnya lebih gampang ketimbang donat kentang atau labu karena gak pakai acara ngukus kentang dan blender segala. Mengurangi pemakaian piranti dapur alias ngurangin cucian piring si mbak di rumah.
Adonannya jauh lebih lembek daripada donat kentang, waktu nyetak aja saya sampai harus berkali-kali menaburkan tepung di alas tempat menggiling adonan sama di cetakan donat. Tapi permukaan donatnya jauh lebih mulus daripada donat kentang, penampakannya setelah matang juga jauh lebih bagus ketimbang donat kentang. Kalau dari segi rasa, buat saya juaranya ya si donat labu kuning, baru donat kentang, donat yang ini versi terakhir. Ternyata betul ya kata pepatah "don't judge the book by its cover".

Tekstur donat kali ini cukup padat seperti donat kentang, sementara saya masih penasaran sama donatnya jco yang teksturnya bisa kopong seperti kapas, mungkin kalau pakai tepung premix atau tepung komachi bisa lebih ringan lagi kali ya teksturnya. Saya lebih tertarik mencoba pakai tepung komachi lain kali, sayangnya si komachi atau terigu Jepang agak susah dicari, sepertinya harus ke toko bahan kue yang besar baru ada.

Untuk resep donatnyaa saya menggunakan resep donat ala jco dari Ibu Fatmah Bahalwan, sementara resep topping glaze-nya saya ambil dari dari sini. Saya membuat hanya 1/2 dari resep yang tercantum di sini, itupun jadi 32 buah donat ukuran sedang.

DONAT
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN A :
  • 850 gr terigu protein tinggi atau terigu komachi
  • 11 gr ragi instan
  • 10 gr garam (saya tidak pakai karena setahu saya ragi akan mati bila bertemu garam)
  • 600 ml air matang

BAHAN B :


  • 200 gr terigu protein tinggi atau tepung komachi
  • 10 gr garam
  • 125 gr gula pasir (saya blender dulu supaya teksturnya halus)
  • 60 gr susu bubuk
  • 100 gr telur (timbang tanpa kulit, kira-kira 2 telur ukuran besar)
  • 125 gr mentega putih

CARA MEMBUAT :


  • Campur bahan A dan istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan bahan biang.
  • Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis kira-kira 10 menit dan istirahatkan 15 menit dalam wadah tertutup.
  • Gilas tipis adonan kurang lebih 1 cm, cetak dengan cetakan donat, istirahatkan lagi 10 menit.
  • Goreng dengan minyak padat dengan api kecil. Kalau tidak ada minyak padat, gunakan minyak goreng biasa yang dicampur 1 sdm mentega putih.
  • Angkat dan dinginkan baru diberi topping.

TOPPING GLAZE
Sumber : Just Try and Taste

BAHAN :

30-50 ml susu cair
35 gr margarine
125 gr gula bubuk
1/2 sdt vanilla ekstrak

CARA MEMBUAT :

Campurkan semua bahan topping dalam panci, aduk hingga gula larut dan margarine cair.

PENYELESAIAN :

Celupkan separuh permukaan donat pada topping glaze. Biarkan dingin.


HAPPY COOKING ...



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...