Thursday, August 7, 2014

Nasi Bakmoy



Pertama kali makan bakmoy dibawain sama adik ipar saya (mungkin sebelum-sebelumnya saya pernah makan tapi gak tahu namanya bakmoy). Namanya kedengaran aneh ya di telinga. Tapi rasanya enak, menurut saya sih rasanya seperti dagingnya bakmi ayam. 

Saya sudah beberapa kali masak bakmoy ini karena buatnya gampang, cuma baru sekarang saya posting di blog. Rico anak bungsu saya lahap kalau dimasakin bakmoy.


Nasi Bakmoy
sumber : Ine Elkaje (member milis ncc)

Bahan :

  • 2 buah tahu cina, potong 1/2 X 1/2 cm, goreng setengah matang
  • 200 gr daging ayam, rebus sampai matang, potong2 kecil2 sebesar tahu, sisihkan kaldunya untuk kuah
  • 5 buah telur ayam, di rebus, kupas kulitnya
  • 2 sendok makan ebi, di rendam, dihaluskan (saya gak pake)
  • 3 bawang putih di geprek
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 10 sendok makan kecap manis (atau sesukanya)
  • saus tiram
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Kaldu :
  • 1.5 liter kaldu bekas merebus ayam (kalau kurang tambahkan air)
  • 1 iris jahe
  • garam
  • bawang putih goreng, dihaluskan
  • Sedikit gula pasir dan lada halus
Pelengkap :
  • 2 bawang putih di uleg halus, tambah dengan 10 sendok makan air matang (Cuma aku uleg aja, gak dikasih air)
  • seledri di iris halus
  • bawang merah goreng
  • sambal kecap (dari cabe rawit diuleg, campur dengan kecap manis)
Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih geprek dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan ebi.
  • Masukkan daging ayam, kecap asin, kecap manis, tahu, garam, merica dan sedikit air,
  • asal tahu terendam air. Masukkan telur rebus, masak sampai bumbu meresap dan
  • telur berubah warna menjadi kecoklatan (kira kira air menjadi 1/2 bagian), sisihkan.
Kaldu :
  • Rebus bahan kaldu sampai mendidih, cicipi agar rasa asinnya pas. Tambahkan bawang putih goreng.
Penyelesaian :
  • Taruh Nasi putih di mangkuk, tambahkan bakmoy dengan sedikit kuah coklatnya, setengah telur kecap, Tambahkan 1 atau 2 sendok makan air bawang putih mentah.
  • Taburi seledri dan bawang merah goreng.
  • Siram dengan kaldu yang mendidih. 
  • Dimakan dengan nasi dan sambal kecap (plus kerupuk kalau ada).

Happy cooking ((^-^))

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...