Monday, December 9, 2013

Apple Pie

Apple pie ini enak sekali rasanya, gak kalah sama fruit pie yang saya buat. Buat saya dua-duanya sama-sama enak, tapi buat mereka yang tidak terlalu suka aroma susu atau telur, rasanya saya lebih merekomendasikan buat apple pie ini ketimbang pie susu. Aroma kayu manis dicampur kismis dan apel ditambah manisnya gula palem, hmmmhh... yummy banget pokoknya.
Eits .. jangan lupa tips dan trik buat kulit pienya teteup harus dibaca dulu ya  di sini supaya kulit pienya renyah. Saya pernah posting mengenai tips pembuatan kulit pie pada resep giant fruit pie sebelumnya.

Untuk kulit pienya sendiri kali ini sama sekali tidak menggunakan telur, tapi hasilnya tetap enak, jadi bisa ngirit telur kan (penggunaan telur cuma untuk olesan supaya kulit pie terlihat kinclong).

Lagi-lagi saya buatnya hanya 1/2 resep (tapi yang saya posting di sini full 1 resep ya). 1/2 resep ini pas dengan loyang ukuran 22 cm sudah termasuk untuk buat hiasan di bagian atasnya.

APPLE PIE
Sumber : Ricke

BAHAN :
  • 250 gr terigu segitiga biru
  • 2 sdm gula kastor
  • 175 gr margarine beku dan potong-potong
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm air es tambahkan sesendok demi sesendok

BAHAN ISI :
  • 3 buah apel malang (saya pakai apel fuji)
  • 1 sdt air jeruk lemon (saya pakai jeruk santang, hihihi... yang penting ada)
  • 50-75 gr gula kastor 
  • 1-2 sdm gula aren bubuk (saya pakai gula palem)
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk (saya gak pakai)
  • 2 sdm kismis (resep aslinya gak pakai)
  • Sedikit garam
  • 1 sdm maizena
  • 25 gr margarine beku potong dadu 

Olesan :
1 kuning telur kocok lepas

CARA MEMBUAT :

KULIT  : baca postingan saya mengenai giant fruit pie di sini

  • Campur terigu, gula, garam aduk rata.
  • Masukkan margarine beku, proses dengan pisau pastry sampai adonan berbutir-butir.
    gunakan pisau pastri

    adoni sampai berbutir-butir

  • Masukkan air es sesendok demi sesendok, sambil diuleni dengan sendok kayu, hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup kalis.


    uleni dengan sendok kayu
  • Bungkus dengan platik wrap, simpan di kulkas minimal 1 jam.
    siap dibungkus plastik

ISI :
  • Kupas apel dan iris tipis (saya potong dadu), campur dengan air jeruk. 
  • Masukkan gula, kayu manis, garam, aduk rata. 
  • Simpan dalam kulkas minimal 30 menit (sampai keluar air).
  • Keluarkan dari kulkas, taburi maizena.
  • Panaskan di kompor sampai apel agak melunak (hati-hati gosong ya)

PENYELESAIAN :
  • Ambil adonan kulit, lapisi dengan plastik wrap, giling dengam rolling pin, sisakan adonan untuk membuat hiasan/anyaman di bagian atas.
  • Pindahkan ke cetakan pie yang sudah dioles margarine. Supaya tidak hancur waktu dipindah, saya memindahkannya dengan plastiknya dengan cara dibalik ke cetakan, begitu adonan menempel di cetakan, lepaskan plastiknya.
  • Ratakan sesuai bentuk loyang.
  • Adonan kulit tidak perlu ditusuk-tusuk garpu untuk mencegah terjadinya kebocoran atau merembesnya isi keluar dari kulit pie.
  • Beri bagian isi 1/2 bagian saja, beri margarine yang sudah dipotong dadu, tutup lagi dengan 1/2 bagian isi sisanya.

    margarine beku dipotong dadu

    taburi kismis di bagian atas
  • Sisa adonan digiling dan dipotong memanjang, tata di bagian atas pie.
    siap dipanggang
  • Oles dengan kuning telur.
  • Panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 45 menit (oven tidak perlu dipanaskan dulu).
  • Angkat, keluarkan dari cetakan bila sudah dingin.

Tips :
  • Gunakan loyang bongkar pasang, untuk mempermudah mengeluarkan pie dari loyang.
  • Untuk memudahkan memindahkan alas loyang, sebelum memanggang, alas loyang dilapisi dengan kertas roti yang sudah diberi margarine. Tekuk kelebihan kertas roti ke arah luar, kemudian pasang dinding loyang (yang diberi kertas roti hanya alas saja ya, bukan dinding loyang).





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...