Tuesday, February 4, 2014

Bakpia Pathok Isi Keju

Saya ini pecinta makanan tradisional sama kue-kue jajan pasar. Kalau lihat kue jajan pasar, laper mata deh biasanya. Tapi saya suka males buat kue tradisional, kelihatannya gampang tapi cenderung repot dalam pembuatannya, ini buat saya lho ya, mungkin karena saya bukan orang yang telaten.


Pagi ini saya tiba-tiba kepingin makan bakpia, tapi gak tahu harus beli di mana. Biasanya saya makan bakpia pathok kalau ada yang kasih oleh-oleh. Kebetulan saya lagi kumat rajinnya hehe.. jadi coba hunting resep bakpia, biar bisa buat sendiri. Buatnya sebenarnya gampang, tapi bunderin bakpianya satu-satu, alamak... gak selesai-selesai deh rasanya, tapi terbayar sama rasanya yang enak.  

BAKPIA PATHOK ISI KEJU
Sumber : hesti kitchen

Bahan Kulit :

125 gr terigu protein sedang
65 gr terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
100 ml air
200 ml minyak sayur (50 ml untuk adonan, 150 ml untuk perendam)

Bahan Pelapis :

65 gr terigu protein sedang
25 ml minyak sayur
1/2 sdm margarine

Bahan Isi : (campur rata)
75 gr keju cheddar parut
60 gr gula halus
50 gr terigu protein sedang
25 gr butter

Cara Membuat :

•Campur bahan isi, aduk rata, sisihkan.
•Campur bahan pelapis, aduk rata, sisihkan.
•Rebus air, masukkan gula, aduk hingga gula larut.
•Matikan api.
•Campur terigu dengan garam, aduk rata.
•Masukkan larutan gula ke dalam campuran terigu, uleni.
•Masukkan minyak sayur dalam adonan, uleni hingga kalis.
•Bagi adonan menjadi masing-masing seberat 10 gr.
•Giling tipis, beri bahan pelapis di atasnya.
•Lipat seperti amplop kemudian bulatkan. (Lipatnya sekali saja ya, beberapa ada yang saya lipat berkali-kali, maksudnya supaya tebal berlapis-lapis, setelah dibulatkan saya pipihkan,ulang lagi proses melipat, tapi yang dilipat berkali-kali, setelah matang malah jadi keras).
•Masukkan bulatan adonan ke dalam minyak perendam selama 15 menit.
•Pipihkan adonan, beri bahan isi, bulatkan lagi. Pipihkan.

Panggang dengan api bawah 200 derajat C selama 20 menit.

Satu resep ini jadinya 25 buah ya (saya jadi 23, ada yang besar-besar soalnya).

Happy baking ^_~

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...