Thursday, February 27, 2014

Buttermilk Pancake


Rencananya pancake ini saya buat untuk sarapan suami tercinta yang mau berangkat ke kantor tadi pagi. Tapi si kecil yang biasanya masih belum bangun, tiba-tiba bangun dan rewel luar biasa. Jadi deh, segala peralatan yang sudah saya siapkan di dapur saya tinggal begitu saja, batal sudah acara buat sarapan pancake untuk suami, karena kalau nungguin pancake saya jadi, bisa terlambat sampai kantor.


Karena buttermilk sudah terlanjur dibuat dan terigu juga sudah ditimbang, setelah si kecil tenang dan bisa ditinggal, saya lanjut ke dapur, terusin buat pancakenya, judulnya buat sarapan kesiangan. 

Sekalipun bentuk pancakenya gak jelas, karena saya tidak punya cetakan pancake, tapi rasanya enak, tebal, empuk dan lembut banget, mungkin karena pakai buttermilk. Adonan pancake ini sangat kental, sehingga agak menyulitkan waktu dipanggang di teflon. Saya menggunakan teflon diameter 18 cm, kalau dibuat pancake selebar teflon saya, pancakenya terlalu besar, jadi saya kira-kira saja tuang adonannya, makanya bentuknya berantakan banget. Karena adonannya kental, waktu dituang ke teflon, adonan tidak mengalir ke mana-mana, makanya bisa tebal. Sewaktu dimasak, jangan ditekan-tekan, supaya hasilnya tetap tebal.

Buttermilknya sendiri saya buat dari campuran susu cair dengan cuka makan, saya rasa akan lebih enak dan lebih sehat kalau cukanya diganti air jeruk nipis. 
 
Buttermilk Pancake
Sumber : just try and taste

Bahan :
  • 135 ml susu cair
  • 1 sdm cuka masak atau air jeruk nipis
  • 110 gr terigu protein sedang
  • 1 1/4 sdt BPDA
  • 1 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  •  2 sdm margarine lelehkan
  • 1 butir telur ukuran besar 

Cara Membuat :
  • Buat buttermilk dengan mencampur susu cair dan cuka atau air jeruk nipis, diamkan sampai bergumpal-gumpal. Sisihkan.
  • Lelehkan margarine, biarkan sampai suhu ruang.
  • Campur semua bahan kering, aduk rata.
  • Kocok lepas telur, masukkan ke margarine leleh.
  • Masukkan buttermilk, aduk rata.
  • Masukkan bahan cair ke dalam bahan kering, aduk asal tercampur saja. Jangan terlalu lama mengaduk, nanti pancakenya jadi keras.
  • Panggang dengan teflon yang sudah dioles sedikit margarine dan dipanaskan terlebih dahulu.
  • Tuang adonan ke teflon, gunakan api yang kecil supaya tampilan pancake cantik.
  • Lihat bagian bawah pancake sesekali dengan menggunakan sendok, jika bagian bawah sudah matang, balik pancake. Teruskan memanggang  sampai matang.
  • Pancake jangan ditekan-tekan ya, nanti malah jadi tidak tebal.
  • Angkat kalau sudah matang.
  • Enak dimakan panas-panas dengan madu.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...