Friday, February 14, 2014

Martabak Pandan

Saya lagi senang sama kue-kue beraroma pandan. Warna hijau pandan sepertinya menggugah selera makan saya. Kali ini saya buat martabak manis pandan dengan isian keju. Martabak ini menggunakan resep martabak anti gagal yang pernah saya posting, tapi kali ini saya buat versi pandan.

Martabak Pandan

Bahan :

125 gr terigu segitiga
1/4 sdt BPDA
1/2 sdt ragi instan
1 sdm gula pasir
175 ml susu UHT tawar
1/2 sdt pasta pandan
1 butir telur kocok lepas
1/4 sdt garam
gula pasir untuk taburan
sedikit margarine untuk olesan loyang

Bahan Isian : (pake takaran kira-kira)

mentega
gula pasir
keju cheddar parut
susu kental manis

Olesan :

mentega (kalau bisa jangan diganti sama margarine ya, kunci harumnya martabak ada di olesannya)

Cara Membuat :

  • Campur  terigu, BPDA, ragi dan gula pasir, aduk rata.
  • Masuk susu cair dan pasta pandan, sambil diaduk dengan whisk (kalau gak punya whisk, aduk pake sendok juga gpp).
  • Masuk telur, aduk rata.
  • Masuk garam.
  • Tutup adonan dengan serbet, diamkan 30 menit.
  • Panaskan loyang martabak, saya pakai teflon diameter 24 cm yang dioles margarine.
  • Tuang adonan ke teflon, pastikan teflon sudah panas, tapi tidak kepanasan, nanti malah langsung matang bawahnya dan jadi hangus.
  • Biar panas merata, wajan teflon saya alas dengan besi alas panci (saya gak tahu namanya apa).
  • Gunakan api sangat kecil sekali, teflon jangan ditutup sampai terbentuk lubang-lubang  pada adonan.
  • Kalau adonan sudah berlubang-lubang, tabur gula pasir di atas adonan, tutup teflon. 
  • Masak sampai matang.
  • Angkat, panas-panas oles mentega, belah 2 bagian, tabur gula pasir dan parutan keju, tuang SKM.
  • Lipat 2 sesuai potongan, oles mentega lagi, potong-potong.

Happy cooking ;-)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...