Sunday, February 23, 2014

Devil's Food Cake


Devil's food cake kalau diterjemahkan bebas berarti makanannya setan hihihi... Mungkin karena full cokelat jadi warnanya gelap makanya dinamakan devil's food cake, setan kan identik dengan kegelapan ya..


Tapi kalau dipikir-pikir, banyak cake lain yang full cokelat juga koq seperti black forest sama sacher torte. Hanya kalau black forest lapisan tengahnya kan dark cherry dan kalau sacher torte lapisan tengahnya selai apricot, sementara devil's food cake lapisan tengahnya cokelat ganache, jadi memang beneran luar dalam cokelat. 

Pertama kali lihat resepnya, takjub lihat pemakaian kuning telurnya banyak banget, hampir nyaingin buat lapis surabaya nih. Udah kebayang sih pastinya cake ini bakalan enak dengan pemakaian kuning telur segambreng gitu dengan kolesterol yang wow juga pastinya. Tapi setelah saya telaah baik-baik resepnya, ternyata resep ini untuk 2 buah cake berdiameter 20 cm dengan masing-masing 2 layer. 

Karena saya hanya membuat 1 cake saja dengan 2 layer dan masing-masing menggunakan loyang kotak berukuran 20 x 10, jadi resepnya saya konversi ke ukuran saya dengan menggunakan faktor pengali 0,32. Bingung ya? Maksudnya gini, resep asli di bawah untuk loyang bundar dan saya memakai loyang kotak. Jadi saya membuat perbandingan luas permukaan loyang saya (20 x 10) dibagi dengan luas permukaan lingkaran berdiameter 20 cm (1/4 x 3,14 x 20 x 20). Nah, resep ini kan buat 2 cake, karena saya hanya membuat 1 cake saja, hasil perbandingan tadi saya bagi dua lagi, dan diperolehlah angka 0,318471.. yang saya bulatkan menjadi 0,32. Jadi setiap bahan pada resep di bawah dikalikan 0,32 untuk memperoleh cake dengan ukuran 20 x 10 cm.

Waktu dipanggang, cakenya mengeluarkan aroma cokelat yang haruuuuuum banget. Sayangnya saya salah mecairkan whipped creamnya. Sebenarnya dibilang salah juga nggak sih, waktu mencairkan whipped cream, harusnya takaran cairannya 2 kali berat si whipped bubuk, tapi saya menggunakan susu dengan berat yang sama dengan whipped bubuk, alhasil whippednya kaku banget, sekalipun sudah dicampur dcc cair dan butter leleh, tetap kaku. Waktu dioles ke cake, susah banget saking kakunyanya, jadi deh polesan permukaan cakenya jauh dari kata licin. Tapi dari segi rasa, cakenya enak, dengan rasa coklat yang begitu mendominasi. Sekarang saya jadi tahu kenapa cake ini dinamai devil's food cake.
Buat yuk...   

Devil's Food Cake

Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan A:

  • 25 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 200 gr gula pasir
  • 25 gr emulsifier (optional)
Bahan B:
  • 125 gr terigu
  • 50 gr coklat bubuk
  • 25 gr maizena
  • 1 sdt baking powder
Bahan C:
  • 1 sdm pasta coklat BF
  • 250 gr mentega/margarine cair
Cara membuat :
  • Kocok Bahan A hingga kental, masukkan Bahan B, aduk rata, tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
  • Tuang adonan kedalam 4 bh loyang bulat diameter 20cm, panggang dengan suhu 180° C.
  • Setelah matang, angkat dari oven, dinginkan, keluarkan dari loyang.
Chocolate Ganache :
  • 600 gr dark cooking chocolate
  • 300 gr whipped cream kocok kaku.
  • 125 gr butter unsalted
Cara membuat :
  • Tim coklat sampai leleh, masukkan butter campur rata, tuangkan pada whipped cream, kocok hingga tercampur rata. 
Penyelesaian :
  • Ambil satu lembar cake, basahi simpel syrup (dibuat dari campuran gula pasir dan aair, dimasak sampai kental seperti sirup), poles dengan cokelat ganache. Timpa satu lembar cake lagi diatasnya, poles seluruh bagian cake dengan cokelat ganache.
  • Hias dengan cokelat belt, atau cokelat hias lainnya (saya tidak dihias, lagi males, cuma buat makan sendiri ini, eh berempat deh sama anak-anak dan suami ).
  • Satu resep bisa jadi dua cake dengan masing-masing 2 layer.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...