Sunday, September 22, 2013

Kue Kering Oatmeal Kismis





Bikin kue kering repot? Gak punya mixer? Gak ada timbangan? Coba buat kue kering yang satu ini, dijamin enak (soalnya anak saya doyan hehe..) dan gampang banget bahkan untuk pemula seperti saya.

Ceritanya di rumah saya punya sisa oatmeal. Mau buat sarapan Rico tapi dia gak terlalu suka makanan yang teksturnya mirip-mirip bubur. Iseng-iseng saya browsing nemu banyak resep kue kering berbahan oat. Tapi rata-rata ngaduk adonannya pakai mixer, halah... saya gak punya mixer nih, soalnya saya belom pernah buat kue, jadi masih mikir untung ruginya beli mixer. Tapi gak ada salahnya dicoba. Resep aslinya saya ambil dari  www.sahabatnestle.co.id, dengan sedikit modifikasi.


BAHAN :


125 gr mentega  yang dicairkan supaya ngaduknya gampang (resep aslinya mentega tawar)
100 gr gula pasir (gak punya timbangan, jadi kira-kira aja, kebetulan saya pakai gulaku yang kemasan 750gr, jadi kira-kira 1/7 bagian dikurangin dikit hihi... sotoy deh)
1 butir telur (jangan yang udah dari kulkas ya)
160 gr terigu serbaguna yang udah dicampur dengan 1/2 sdt baking powder (resep aslinya baking soda)
1/2 sdt vanili (saya gak pakai ini)
50 gr oatmeal
100 gr kismis

CARA MEMBUAT :

Blender gula sampai halus (gak usah diblender kalau punya mixer). Mentega cair didinginkan dulu pada suhu ruang kemudian dicampur dengan gula. Aduk dengan kocokan telur biasa (kalau gak punya aduk pakai sendok biasa).

Masukkan telur, kocok lagi, kemudian masukkan terigu yang sudah dicampur baking powder.







Tips dari saya : jangan gunakan wadah berbentuk kotak waktu membuat adonan, ngaduknya susah, pas di pojokkan jadi pakai bantuan sendok deh.

Terakhir masukkan oatmeal dan kismis yang sudah dicincang. Kali ini saya ngaduknya pakai 2 buah sendok makan.




Kemudian bentuk bulat-bulat kecil dan digepengkan dengan tangan. Cetak di loyang yang sudah dioles mentega. Oh ya letakkan kuenya jangan deket-deket ya, karena kuenya kan mekar.




Panggang selama 20 menit dengan suhu 190 derajat dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu. Kalau sudah matang, keluarkan dari oven, dinginkan dulu baru simpan dalam wadah tertutup.Nah, ini hasil akhirnya, yummmyy...




Selamat mencoba ^_~

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...