Monday, January 27, 2014

Red Velvet Cake

Saya sudah pernah membuat red velvet sebelumnya dalam bentuk cupcake, tapi waktu itu hasilnya masih belum memuaskan dari segi rasa. Jadi saya coba dengan resep lain, kali ini dengan resep dari web andalan saya yaitu ncc.


Saya membuat 1/2 dari resep asli dengan menggunakan 2 buah loyang ukuran 20x20 cm. Setelah matang, masing-masing cakenya saya bagi 2 dan kemudian saya tumpuk, sehingga terlihat ada 4 layer cake.

Cakenya jauh lebih enak ketimbang red velvet yang tempo hari saya buat, cukup padat dan teksturnya lembut. Untuk rasa yang lebih enak, simpan cake dulu di kulkas dengan ditutup.

Penggunaan jus beetroot dan pasta red velvet di sini saya skip, karena saya malas harus keluar rumah lagi hanya untuk mencarinya, dan saya ganti air biasa yang dicampur pewarna merah. Warna merahnya sendiri cenderung berwarna merah marun ketika cakenya matang, mungkin karena penggunaan coklat bubuk.

Untuk frostingnya, sebaiknya jangan diskip sama sekali, karena ini yang membuat rasa cakenya cukup enak. Karena tanpa frosting menurut saya, red velvet ini rasanya hanya seperti cake cokelat biasa.



RED VELVET CAKE (1/2 resep)
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN A :
  • 212 gr terigu protein sedang (saya pakai terigu protein rendah)
  • 10 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt garam

BAHAN B :
  • 225 ml minyak goreng
  • 250 gr gula halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • Pewarna merah secukupnya (saya skip)

BAHAN C :
  • 50 ml jus beetroot (saya pakai 50 ml air + 1/2 sdm pewarna merah)  

BAHAN D :
  • 150 ml susu UHT
  • 1 sdm air lemon

BAHAN E :
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt air lemon

CARA MEMBUAT :
  • Aduk bahan D, diamkan agar mengental menjadi buttermilk, sisihkan.
  • Campur semua bahan A lalu ayak.
  • Kocok gula halus dan minya sampai rata.
  • Masukkan telur satu per satu, kocok sampai rata.
  • Masukkan jus bit, pewarna, vanilli, aduk rata.
  • Masukkan bahan A, aduk rata.
  • Tambahkan buttermilk aduk rata.
  • Masukkan bahan E aduk rata.
  • Catatan : untuk bahan E dicampur terakhir, sesaat sebelum dimasukkan karena soda kue hanya bereaksi sebentar.
  • Tuang adonan ke dalam 2 loyang berukuran 20x20x4 cm.
  • Panggang selama 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

CHEESE FROSTING

BAHAN :
  • 125 gr cream cheese
  • 50 gr gula halus
  • 25 gr butter
  • 250 gr whipping cream kocok kaku

CARA MEMBUAT :
  • Biarkkan cream cheese ada dalam suhu ruang.
  • Campur cream cheese dengan gula halus dan butter.
  • Kocok hingga lembut.
  • Masukkan whipping cream yang sudah dikocok kaku.
  • Kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.

PENYELESAIAN :
  • Letakkan satu lembar cake.
  • Basahi dengan jus bit (saya skip).
  • Oles cheese frosting.
  • Lakukan untuk semua lapisan cake.
  • Terakhir poles seluruh permukaan cake dengan cheese frosting.
0 gr coklat bubuk
1 sdt garam

Bahan B :


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...