Monday, January 6, 2014

Quiche Lorraine





Pernah makan quiche lorraine? (gini cara bacanya : kish lorein), saya belum pernah, sampai saya berhasil membuatnya sendiri. 
Masakan asal Perancis ini sebenarnya adalah sebuah pie yang yang rasanya asin gurih.


Karena baru kali ini makan quiche lorraine, jadi saya tidak bisa membandingkan dengan yang aslinya. Yang jelas buat saya rasanya lumayan untuk cemilan sore-sore (cemilan yang tergolong berat ya). Tapi karena saya pecinta manis, saya lebih memilih pie dengan isian manis seperti pie susu atau pie apel ketimbang pie gurih seperti quiche lorraine ini.  Lagipula lidah saya ini lebih cinta sama masakan Indonesia ketimbang masakan luar.

Jadi teringat lebih dari 10 tahun lalu waktu saya masih bekerja, beberapa kali ada kesempatan untuk bertugas ke luar negeri, koper saya selalu penuh sama mie instant yang tinggal diseduh air panas, karena saya tahu lidah saya tidak akan cocok sama makanan luar sana. Kecuali sama pizza yang asal Italia, itupun karena sudah dimodifikasi dan disesuaikan sama lidah orang Indonesia. Kalau yang pizza asli Itali saya gak suka, karena dulu pernah ada acara kantor di resto Italia di sebuah hotel bintang lima di Jakarta, salah satu menunya pizza dan saya gak doyan, buat saya rasa pizza (yang katanya) asli Italia ini beda sama pizza hut atau domino pizza yang lebih cocok di lidah saya.

Ok balik ke si quiche lorraine lagi, jadi saya pertama kali tahu si quiche ini setelah baca di web nya ncc. Tertarik? Gak tuh.. dalam bayangan saya waktu itu, pie koq pakai bayam, jadi inget popeye hihihi... Tapi setelah baca sana-sini koq pada bilang quiche lorraine ini enak ya.. jadi penasaran deh buat nyobain juga. Secara buatnya juga gak susah. Setidaknya rasa penasaran saya terbayar sudah.

Katanya kalau makan si quiche lorraine serasa memandang menara eiffel. Ah masa sih? Kalau di Jakarta sih mandang monas kali...




QUICHE LORRAINE

Sumber : ncc


BAHAN KULIT :

(untuk loyang pie bongkar pasang ukuran 22 cm)

  • 350 gr terigu protein sedang
  • 200 gr margarine atau mentega beku
  • 3 butir kuning telur
  • 50 ml air es



BAHAN ISI :



  • 200 gr jamur kaleng iris tipis (kebanyakan buat saya, cuma kepake separuhnya)
  • 3 lembar daging asap iris memanjang
  • 1 buah bawang bombai cincang
  • 100 gr keju parut
  • 250 gr sosis (saya pakai 2 buah sosis keju ukuran besar)
  • 100 gr bayam seduh sampai layu, iris tipis (jangan diskip penggunaan bayamnya ya, ini yang bikin enak)



Catatan : 



bahan isinya terlalu banyak ternyata untuk saya, jadi isinya agak munjung, akibatnya saya harus mengurangi takaran susu untuk sausnya, itupun sedikit tumpah waktu di oven, untung saya mengalasi loyang pie dengan loyang kue kering, jadi tumpahan saus tidak mengotori oven.


alasi loyang pie dengan loyang kue kering sewaktu memanggang


BAHAN SAUS :


  • 250 ml susu UHT
  • 5 butir kuning telur
  • Lada garam secukupnya



CARA MEMBUAT :


  • Campur terigu, margarine beku yang dipotong dadu, kuning telur, adoni dengan pisau pastry (lihat tips membuat kulit pie di sini).
  • Masukkan air es sedikit demi sedikit, uleni dengan sendok kayu. Bungkus adonan kulit dengan plastik wrap, simpan di kulkas 30 menit.
  • Cetak di loyang pie.
  • Masukkan bahan isi, siram dengan sausnya.
  • Panggang dengan suhu yang tidak terlalu tinggi selama 30 menit atau sampai matang.
  • Enak dimakan hangat dengan saus sambal botolan.










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...