Friday, June 13, 2014

Mochi Ketan Hitam



Saya masih penasaran sama si kue kecil berbedak alias mochi. Kalau kemarin sudah coba mochi 10 menit-nya Diana Cahya, hari ini saya buat mochi lagi dengan menggunakan campuran tepung ketan hitam dan dimasak dengan cara dikukus. 


Awalnya saya kira mochi ini lebih repot buatnya ketimbang mochi 10 menit. Ternyata gak juga tuh. Tidak sampai setengah jam, mochinya sudah jadi. Pembuatannya juga gampang, ketimbang yang kemarin saya buat, saya lebih suka buat mochi ketan hitam ini. Adonannya gak lengket di tangan, jadi gak ada adonan yang terbuang. Lengketnya justru setelah matang, tapi itu juga gak lengket-lengket amat, bisa diangkat dengan mudah pakai sendok. Yang lengket di dandang mochi yang saya beri isi ganache cokelat. Mungkin karena kena panas, ganachenya leleh dan merembes ke luar kulit mochinya. Sedang yang isi kacang, mochinya baik-baik saja.

Dari segi rasa, saya lebih doyan mochi ketan hitam ini, sekalipun setelah dingin dan disimpan di wadah tertutup, agak sedikit keras teksturnya, tapi rasanya tetap enak, cuma kulit mochinya kurang manis. Kalau disimpan lebih dari sehari saya tidak tahu apakah si mochi ini akan bertambah keras atau tidak, karena keburu habis dimakan.

Untuk isinya selain menggunakan ganache cokelat sisa dekorasi cake, saya juga menggunakan kacang tanah sangrai tumbuk siap pakai yang dijual toko bahan kue. Kacangnya saya blender dengan menggunakan blender kering tanpa tanpa tambahan gula sama sekali. Sengaja saya blender, supaya gampang dibulatkan untuk isi mochi.


Mochi Ketan Hitam
Sumber : Hesti Kitchen

Bahan :
  • 150 gr tepung ketan putih
  • 50 gr tepung ketan hitam
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili (saya skip)
  • 1 sdm minyak goreng
  • 100 ml air dingin
  • 50 ml air panas
  • 10 gr tepung maizena
Bahan Taburan :
  • maizena sangrai secukupnya
Bahan Isian :
  • Kacang tanah kupas, sangrai, blender, bentuk bulat-bulat
  • Ganache cokelat, bekukan, bentuk bulat-bulat 
Cara Membuat :
  • Campur tepung ketan, gula, garam dan vanili.
  • Beri minyak goreng, aduk rata.
  • Campur tepung maizena dengan 50 ml air dingin, aduk rata.
  • Tuang 50 ml air panas ke larutan maizena, aduk rata.
  • Campur larutan maizena ke campuran terigu.
  • Tuang 50 ml air dingin sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis.
  • Tutup adonan dengan plastik, diamkan 10 menit.
  • Bentuk bulat-bulat, beri isi.
  • Kukus dengan dalam dandang panas yang dialas daun pisang (saya tidak pakai daun pisang, api kukusan saya oles minyak goreng).
  • Kukus selama 10 menit.
  • Angkat dan gulingkan di maizena sangrai.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...