Wednesday, June 18, 2014

Mochi (lagi...) Strawberry

Posting ini tengah malam, gara-gara nungguin si kecil gak tidur-tidur. Begitu dia tidur, ngantuk saya malah hilang. Efek kebanyakan minum kopi juga kayaknya tadi sore, jadi insomnia deh..

Ini edisi penasaran sama mochi judulnya. Setelah buat mochi 10 menit sama mochi ketan hitam, saya masih penasaran buat mochi yang rasanya setidaknya gak jauh beda sama yang dijual di mall itu, enak dan tetep empuk sekalipun sudah dingin. Mochi ketan hitam pas masih panas enak dan empuk, pas dingin dan sudah disimpan di wadah tertutup model tupperware, teksturnya jadi keras, sekalipun rasanya enak, capek juga gigitnya, jadi berasa makan onde-onde.


Kalau  mochi ketan hitam buatnya dibentuk dulu baru dikukus, mochi kali ini justru dikukus dulu baru dibentuk. Reviewnya mbak Hesti yang versi ini tetap empuk sekalipun sudah dingin, tapi di saya koq tetap aja keras pas udah dingin, setali tiga uang deh sama yang versi ketan hitam. Malah dari segi rasa enakan yang ketan hitam, buat saya lho ya, eh kata suami saya juga enakan yang versi ketan hitam.. bukan pengaruh ketan hitamnya juga, soalnya tempo hari buat mochi ketan hitam, tapi minus ketan hitam, jadi gini, ketan hitamnya diganti ketan putih semua, gitu.. tetap lebih enak yang versi dibentuk dulu tadi baru dikukus ketimbang yang sekarang ini. 

Mungkin pengaruh isinya juga kali, kali ini saya menggunakan choco chip sama selai strawberry, karena kacang sangrai tumbuknya udah habis, mau beli ke toko bahan kue, males banget deh keluar. Choco chips yang saya pakai rada-rada pahit gitu, terus kalau selainya agak encer, jadi belepotan malah. Kayaknya mochi tuh emang enakan yang isi kacang tanah.

Udah gitu yang ini koq bentuknya, perasaan jelek deh, bulatnya aneh gitu menurut saya, gak cantik lha pokoknya. Beda banget sama yang dibuat mbak Hesti. Beda tangan memang beda hasil ya, padahal udah ngikutin resep plek ketiplek.

Resep aslinya bisa menggunakan santan atau susu. Karena saya tidak mengkonsumsi santan lagi mengingat kolesterolnya yang wow ditambah bisa bikin asam urat kambuh, saya pakai susu UHT punya anak saya. Berhubung susunya rasa strawberry, jadi deh mochinya nge-pink gitu, bukan pake pewarna lho ya.

Mochi Strawberry  
Sumber : Hesti Kitchen

Bahan :
  • 220 gr tepung ketan putih
  • 110 gr gula pasir
  • 200 ml susu cair
  • Tepung ketan sangrai secukupnya untuk taburan
Isian :
  • Choco chips
  • Selai strawberry (enakan kacang tanah, beneran)
Cara Membuat :
  • Campur tepung ketan dan gula.
  • Tuang susu cair, aduk rata.
  • Kukus dalam pinggan tahan panas (saya pakai loyang biasa) yang sudah dioleh minyak goreng.

  • Kukus selama 30 menit.
  • Angkat.

  • Tuang ke alas yang sudah ditabur tepung ketan sangrai.
  • Potong-potong dan beri isian.
  • Bentuk bulat. 
  • Sajikan.
 













No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...