Tuesday, June 10, 2014

Asinan Sayur tanpa Kerupuk Mie




Sudah lama banget gak makan asinan sayur. Dulu terakhir makan di food court nya summarecon serpong. Habis pernah beli asinan di abang-abang, rasanya kurang enak, padahal biasanya makanan beli di abang-abang enak ya hihihi... 


Setiap bulan puasa di daerah saya tinggal banyak bermunculan pedagang dadakan yang salah satu menu jualannya biasanya asinan sayur plus kerupuk mie, padahal penduduk daerah saya mayoritas tidak ikut berpuasa, tapi yang jual asinan sama menu takjil banyak banget dan rame terus. Tapi kalau harus menunggu bulan puasa buat makanan asinan sayur kayaknya kelamaan deh, masih hampir 3 minggu-an lagi, kepengennya sekarang. 

Di dekat pasar Puri Indah juga ada yang jual asinan sayur betawi namanya nasi uduk kebon kacang, rasanya lumayan enak buat saya, sekalipun tempat makannya tidak ber-AC alias gerah, yang makan cukup rame dan rata-rata bermobil. Tapi kalau harus ke Puri Indah cuma buat beli asinan gak lucu juga, jaraknya lumayan juga dari rumah saya di Tangerang.

Jadi saya putuskan buat asinan sayur sendiri ala saya dengan bumbu mengira-ngira eh gak deh hasil browsing dari berbagai sumber kemudian saya modifikasi sendiri menyesuaikan bahan yang ada di kulkas. Lumayan juga rasanya, cuma koq jadinya mirip sama gado-gado penganten ya ...

Asinan Sayur Ala Saya

Bumbu Halus :
  • 5 sdm kacang tanah goreng (dicampur kacang mede lebih enak sebenarnya, sayang saya gak punya)
  • 4 siung bawang putih
  • 100 ml air asam jawa
  • 2 gelas air
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • gula pasir dan garam secukupnya
  • 1 buah gula merah (gak nimbang beratnya, 1 buah itu ukuran gula semut yang dijual di Indomaret)
  • Banyak yang menyarankan menggunakan ebi, tapi saya gak pakai karena saya takut alergi, ebi termasuk salah satu jenis ikan asin kan?
Sayur : 



  • Kol iris-iris
  • Ketimun potong kotak
  • Wortel potong korek api, rebus sebentar
  • Tauge seduh dengan air panas
  • Tahu rebus potong kotak
  • Selada iris-iris
Pelengkap :
  • Kerupuk mie, saya gak punya, adanya kerupuk udang
  • Kacang tanah goreng
Cara Membuat :
  • Haluskan bumbu dengan blender sampai halus.
  • Rebus sampai matang.
  • Icip rasanya, tambahi gula, garam bila perlu.
  • Siram di atas sayur yang sudah disajikan di piring.
  • Tambahi pelengkap. 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...