Thursday, June 12, 2014

Mochi 10 Menit

Di  pertengahan tahun 2000 saya pernah indekost di Cibadak, sebuah kota kecil berjarak sekitar 30 menit dari kota Sukabumi, karena kantor saya kebetulan dulu memang di sana. Setiap akhir pekan saya pulang ke rumah di Jakarta dan seringnya bawa kue mochi dari Sukabumi. Biasanya saya membeli mochi langsung ke pabriknya. Jangan bayangkan pabrik mochi ini berukuran besar seperti pabrik-pabrik pada umumnya ya, pabrik mochi yang biasa saya datangi ini berupa industri rumahan. Jadi banyak rumah-rumah di sana yang memproduksi mochi, kita bisa beli dalam keadaan masih hangat dengan berbagai varian rasa, salah satunya rasa pisang ambon, dikemas dalam satu besek berukuran kecil. 


Belakangan di mall saya lihat juga mulai bermunculan stand-stand kecil yang menjual mochi, dengan varian rasa dan isi yang lebih beragam ketimbang mochi yang dulu sering saya beli, tapi tidak dikemas dalam besek, melainkan menggunakan dus kecil. Harganya menurut saya cukup mahal, kalau tidak salah 1 buah nya sekitar Rp 6.000-an. 

Saya sempat lihat resep mochi 10 menit di blog-nya Diana Cahya dan aneka mochi di blog-nya mbak Hesti. Hari ini saya coba buat yang versi Diana Cahya yang katanya cuma butuh waktu 10 menit, karena cukup praktis juga kelihatannya. 

Ternyata tidak segampang dugaan saya. Karena saya tidak punya microwave, adonannya akhirnya saya masak di atas kompor sampai kekentalan yang diinginkan atau bisa dibulat-bulatkan. Nah masalah timbul waktu membulatkan si adonan yang sudah dimasak tadi. Sumpah deh adonannya lengket banget biarpun udah dikasih maizena. Sepertinya sih saya yang masaknya kurang lama, padahal perasaan udah kental banget pas dimasak, takutnya kalau kelamaan lagi malah jadi hangus. Karena adonannya lengket dan lembek, agak susah juga pas ngasih bahan isiannya, isinya jadi gak bisa banyak-banyak. Sudah gitu, karena lembek, bentuknya menurut saya jadi gak keruan. Awalnya sih bulat, tapi lama-lama koq jadi gepeng, mungkin karena adonannya lembek itu tadi. Dari segi rasa lumayan lha, kalau gak kelembekan rasanya udah hampir mirip sama mochi Sukabumi. Besok coba buat lagi ah yang versinya mbak Hesti.

Mochi 10 Menit
Sumber : Diana Cahya

Bahan :
  • 1 Cup Tepung Ketan Putih (saya pakai Rose Brand)
  • 1 + 1/4 Cup Air Matang (saya pakai Aqua)
  • 2 sdm Gula Pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • Pewarna Makanan sesuai selera (saya pakai pasta pandan)
Bahan B :
  • Tepung Maizena secukupnya untuk taburan, sangrai dulu sebentar.
Bahan Isian :
  • Kacang tanah sangrai haluskan
CaraMembuat :
  • Campur semua Bahan A, aduk2 hingga rata, masukkan ke microwave dengan suhu paling tinggi 3 menit, keluarkan lalu aduk2, kalau belum mengental, masukkan lagi 3 menit ke microwave dangan suhu paling tinggi (saya masak di kompor).
  • Siapkan kertas roti / silpat, taburkan maizena, tuang adonan, pipihkan, beri isi, bulatkan.
  • Siap disantap.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...