Monday, April 7, 2014

Klappertart Wilton







Yippie... kesampaian juga buat klappertart wilton akhirnya. Sudah lama sekali saya ingin mengeksekusi si klappy ini sebenarnya, tapi ada saja hambatan tiap mau buat. Buatnya gampang banget dan rasanya enyak enyak enyak...


Saya buat hanya 1/2 dari resep aslinya, dan menghasilkan 12 cup alumunium foil ukuran personal. Tapi yang saya panggang hanya 9 cup karena oven listrik saya cuma muat segitu, sisanya saya makan begitu saja tanpa dipanggang. Selesai makan, saya baru sadar kalau kuning telurnya kan mentah, ya gpp lha anggap aja makan telur 1/2 matang.



Klappertart Wilton
Sumber : cakefever

Bahan  (1/2 resep) :

  • 500 ml susu UHT
  • 125 gr gula pasir
  • 25 gr terigu
  • 25 gr maizena
  • 25 gr tepung custard
  • sedikit kayu manis bubuk
  • 75 gr margarine
  • 3 kuning telur
  • 50 gr kacang kenari panggang, cincang kasar
  • 1 buah kelapa muda, keruk isinya saja (saya pakai 2 buah kelapa)


Topping :

  • 3 putih telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm terigu
  • kismis secukupnya
  • 1 sdt rhum
  • kayu manis bubuk secukupnya


Cara membuat :

  • Masak 300 ml susu dengan gula pasir sampai mendidih.
  • Campur 200 ml susu dengan terigu, maizena dan tepung custard, aduk rata, saring, masukkan ke campuran susu dan gula pasir.
  • Aduk terus sampai meletup-letup.
  • Matikan api.
  • Masukkan margarine, aduk rata.
  • Masukkan bubuk kayu manis.
  • Masukan kuning telur satu persatu, aduk rata.
  • Masukkan cincangan kenari.
  • Masukkan daging kelapa muda.
  • Tuang dalam loyang alumunium foil.
  • Panggang dengan cara au bain marie selama 15 menit pada suhu 170 derajat celcius sampai setengah matang.


Cara membuat topping :

  • Rendam kismis dalam air hangat sebentar saja, tiriskan dan peras.
  • Beri rhum, aduk rata.
  • Kocok putih telur sampai kaku, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit.
  • Masukkan terigu dalam kocokan putih telur, aduk rata menggunakan spatula.
  • Masukkan dalam pipping bag atau plastik segitiga, ikat kencang, gunting sedikit ujungnya.
  • Semprotkan menutupi permukaan klappertart, beri kismis di atasnya, tabur bubuk kayu manis.
  • Panggang lagi dalam oven selama 15 menit sampai kecoklatan.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...