Wednesday, July 30, 2014

Nastar isi Apel


Setelah vakum mengisi blog ini selama hampir 1,5 bulan karena dilanda baking blues dan blogging blues alias malesnya kumat, akhirnya hari ini saya bereksperimen lagi di dapur.


Sebenarnya sebulan belakangan ini saya tetap melakukan baking sih, buat bekal sekolahnya Toby anak sulung saya, hanya tidak mencoba resep-resep baru, makanya tidak ada yang saya posting di blog.

Di momen lebaran kali ini saya kepinginnya makan ketupat, sekalipun tidak ikut merayakan lebaran, tapi saya suka banget sama ketupat. Masalahnya pas baca cara buat ketupat harus dimasak antara 4 sampai 8 jam, langsung batal deh niat masak ketupat, lama banget boo, sayang gas-nya, apalagi sekarang libur lebaran, toko gas langganan saya tutup. Kalau sampai gas di rumah habis, hadeuh gak kebayang deh repotnya, masa mau makan di luar terus-terusan tiap hari.

Batal masak ketupat, membuat saya banting setir buat kue kering. Kali ini pilihan saya jatuh pada nastar (lagi). Tapi isiannya saya ganti dengan selai apel bikinan sendiri, berhubung apel fuji-nya Toby banyak di kulkas. Rasanya lumayan enak, sekalipun juaranya tetep yang isi nanas. Kalau selai nanas kan ada asem-asemnya jadi seger, kalau selai apel ini manis, mungkin karena saya pakainya apel fuji jadi manis, lebih enak kalau pakai apel malang kali ya atau apel granny smith yang lebih asam rasanya.


Nastar isi Apel

Bahan kulit :
sumber : ncc
  • 125 gr margarine (saya pakai blue band cake & cookies)
  • 125 gr butter (saya pakai orchid salted, kayaknya enakan pake wysman)
  • 2 kuning telur
  • 50 gr gula halus
  • 350 gr terigu (saya pakai kunci biru, tidak disangrai dulu)
  • 2 sdm susu bubuk (saya pakai 1 sachet dancow yang ada di kemasan koko crunch, gak tahu beratnya berapa)
  • 1 kuning telur campur dengan 1/2 sdt susu cair untuk olesan
Cara Membuat :
  • Kocok butter, margarine, kuning telur dan gula dengan mixer sebentar saja asal tercampur.
  • Masukkan terigu dan susu bubuk, aduk sampai tercampur rata.
  • Bulatkan, beri isi.
  • Panggang dengan suhu 140 derajat celcius selama 30 menit.
  • Oles permukaan nastar dengan bahan olesan.
  • Panggang lagi sebentar saja.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Simpan di wadah tertutup
Bahan Isi :
  • 3 buah apel fuji diparut
  • 100 gr gula pasir
  • kayu manis bubuk
  • 1 sdt air lemon
Cara Membuat :
  • Masak semua bahan kecuali air lemon.
  • Masak dengan api kecil sampai kering.
  • Beri air lemon.
  • Dinginkan.
Happy baking ((^-^))
ukuran nastar buatan saya gede-gede karena males buletin kecil-kecil, jadi satu toples kecil ini (gak tahu ukuran berapa gram) cuma muat 7 buah nastar, 1 baris saja. Kalau ditambah lagi di atasnya, toplesnya jadi gak bisa ditutup.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...