Monday, March 10, 2014

Puding Sutra Jeruk

Minggu lalu baca email di milis ncc, ada yang membahas tentang puding sutra. Dinamai puding sutra karena teksturnya lembut banget seperti sutra. Puding sutra ini katanya pernah ngetop banget pas ada event mango weeks di ncc. Waktu itu saya belum join ncc, jadi gak tahu.

Saya sering buat puding, tapi biasanya pakai puding susu instan, atau jeli yang saya tambahkan sedikit larutan maizena supaya lembut. Nah, kalau puding sutra ini bahan dasarnya agar-agar. Sebenarnya saya kurang suka dengan agar-agar, tapi karena pada bilang puding sutra ini enak, saya jadi penasaran juga. Dan memang betul, rasanya enak banget, teksturnya lembut seperti tofu. Awalnya sempet deg-degan karena banyak yang bilang butuh berjam-jam supaya puding bisa set, ternyata kekuatiran saya tidak terbukti, sebentar saja puding sudah set. Malahan belum masuk kulkas, karena tunggu dingin dulu, saya sudah habis 5 cup berdua anak saya, banyakan saya sih hehe...

Hanya warna kuningnya memang tidak bisa rata, yang saya baca juga memang katanya begitu. Tapi yang penting rasanya enyak enyak enyak ...

Puding Sutera Jeruk
Sumber : temennya mbak Widya Hidayat yang resepnya saya lihat di blog ncc mango weeks


Bahan :
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 5 kaleng air (ukur dengan kaleng susu kental manis, 1 kaleng kira-kira setara dengan 300 ml air)
  • 1 bungkus agar-agar
  • 1/2 botol sirup ABC squash delight (kata yang punya resep, sirupnya tidak bisa disubstitusi dengan merk lain, berpengaruh ke warna dan rasa), saya pakai rasa jeruk mandarin (saya hanya pakai 1/3 botol)
  • 1 kaleng jeruk mandarin kalengan untuk topping

Cara Membuat :
  • Campur susu, air dan agar-agar.
  • Masak sampai mendidih dengan api kecil sambil diaduk, jaga jangan sampai susu pecah.
  • Matikan api kalau sudah mendidih, tetap diaduk untuk menghilangkan uap panasnya.
  • Cetak dalam cup puding kecil-kecil, kalau pakai loyang besar nanti susah dipotong karena teksturnya terlalu lembut, saya jadi 18 cup karena setiap cup saya isinya nyaris penuh.
  • Simpan dalam kulkas.
  • Setelah hampir keras, tuang sirup, masing-masing 1 sdm dalam tiap cup.
  • Masukkan kulkas lagi sampai set.
  • Hias dengan jeruk kalengan di atasnya.

Happy cooking ^_~


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...