Wednesday, March 5, 2014

Cake Apel Susun dengan Selai Aprikot


Gara-gara habis nonton mbak Anna Olson buat pie di Asian Food Channel semalam, saya jadi kepengen buat apple pie. Sudah lama saya tidak buat apple pie dalam bentuk besar. Tadi pagi saya langsung ke supermarket seberang rumah buat beli apel. Eh sampai rumah, saya berubah pikiran, saya kan sudah beberapa kali buat apple pie. Kenapa gak coba resep lain yang pakai apel juga ya. Jadi deh googling dan dapat resep cake apel-nya chef Bara Pattiradjawane yang saya lihat di Hesti Kitchen.


Menurut saya, cake apel ini tergolong dalam butter cake karena pemakaian butter yang cukup banyak. Selain itu berat terigu, mentega dan gulanya sama, kalau gak salah ini salah satu ciri pound cake atau butter cake. Saat dipanggang juga aroma butternya tercium cukup harum, padahal saya buatnya full margarine lho, itu aja udah wangi banget, apalagi kalau dicampur butter ya.

Secara keseluruhan rasa cake ini sebenarnya enak, cukup padat dan menteganya berasa sekali, khasnya butter cake, tapi buat saya seperti ada rasa pahitnya sedikit, mungkin saya masukkan pengembangnya terlalu banyak. Di resep tertulis jumlah pengembang 1/2 sendok makan, dan saya pakai 1/2 sendok makan munjung, mungkin ini yang menyebabkan ada sedikit rasa pahit tadi atau mungkin kebanyakan vanilli ya, wah gak tahu juga deh mana yang bener. OK lain kali kalau buat lagi pengembang sama vanilli-nya dikurangi jumlahnya.


Cake Apel Susun dengan Selai Aprikot

Bahan :
  • 150 gr mentega
  • 150 gr gula kastor
  • 1/2 sdm pengembang (lebih baik dikurangi jumlahnya)
  • 3 butir telur
  • 150 gr terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 1 buah apel fuji kupas, buang tengahnya, iris tipis
  • Selai aprikot secukupnya (saya rasa lebih enak pakai selai nanas, di resep aslinya memang pakai selai nanas sih)

Cara Membuat :
  • Kocok mentega, gula dan pengembang sampai tercampur rata.
  • Masukkan telur satu persatu, kocok sampai mengembang.
  • Masukkan terigu yang sudah dicampur rata dengan garam dan vanilli, aduk rata.
  • Tuang dalam loyang yang sudah dioles margarine. (Resep asli pakai loyang ukuran 24 x 24  cm, saya pakai loyang 20 x 20 cm tanpa mengurangi takaran bahan di resep).
  • Tata potongan apel di atasnya.
  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan.
  • Panggang selama 45 menit dengan suhu 180 derajat C.
  • Setelah matang, angkat, panas-panas oles selai aprikot di atasnya (kayaknya enakan selai nanas deh, lebih segar, buat saya selai aprikot ini agak aneh rasanya, saya pakai selai aprikot karena memanfaatkan bahan yang ada di rumah).

Potong cakenya agak sedikit susah ya, karena ada irisan apel di atasnya, kalau mau rapi, ikuti batas irisan apelnya.

Happy baking ^-^





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...