Monday, October 28, 2013

Super Fudgy Brownies



Lebih dari 10 tahun yang lalu, saya ingat kakak saya sering sekali buat brownies sampai banyak yang order, saya salah satunya yang suka order, karena browniesnya kakak saya enak banget.
Sama sekali tidak terpikir untuk minta resep browniesnya karena dulu saya gak minat sama yang namanya buat kue dan sejenisnya. Masuk dapur aja jarang, kecuali bikin mie instan ^-^. Dulu pernah sebenarnya saya buat bolu kukus, nyontek resepnya femina, seinget saya berhasil, tapi saya gak makan, soalnya saya memang gak doyan bolu kukus. Gak tau lagi kesambet apa waktu itu sampai buat bolu kukus.



Ok balik lagi ke brownies, jadi seumur-umur saya belum pernah manggang kue. Setelah bolak-balik googling sana-sini, kepikiran bikin brownies, kayaknya gampang juga. Pilihan saya jatuh pada resep browniesnya mbak Ricke, karena buatnya tanpa mixer. Kakak saya dulu pernah bilang kalau buat brownies ngaduknya jangan kelamaan nanti malah mekar kayak cake. Resep super fudgy brownies ini kayaknya cocok sama saya. Dan beneran rasanya enak sodara-sodara, apalagi buat pecinta coklat kayak saya, malah setelah nginep di kulkas semalam jadi tambah enak, cuma sedikit kemanisan di lidah saya, mungkin next time kalau buat lagi, gulanya saya kurangi. 

Karena belum pernah manggang kue, saya jadi sangat patuh pada resep, termasuk waktu memanggang yang di resep sampai 50 menit. Saya panggang browniesnya pertama 190 derajat selama 30 menit pakai api atas bawah, wanginya enak deh, tapi kayaknya belum matang, terus saya tambahkan 10 menit lagi (tanpa tes tusuk, nah di sinilah salah saya), koq sepertinya atasnya belum kering ya (belakangan saya baru nyadar ternyata yang saya kira belum kering itu, adalah semacam lapisan tipis yang terbentuk di atas brownies), saya tambahkan lagi waktunya 10 menit tapi saya turunkan suhunya jadi 180 derajat (malah saya sempet tinggal buat mandiin anak saya). Jadi total waktu panggangnya 50 menit kan sesuai resep, tapi koq bau-bau hangus ya... toeng toeng... ternyata hangus beneran, untung cuma pinggirannya aja yang gosong. Jadi setelah saya keluarkan dari oven dan saya dinginkan, pinggiran sama bawahnya saya potong supaya bagian hangusnya hilang, jadi gak pahit kan, dan rasanya teteup enak. Yippie, berhasil... 

Ternyata bener ya kata para pakar di dunia kuliner, khususnya per'baking'an, kalau kita tuh harus mengenal oven kita dengan baik, karena setiap oven beda-beda dan punya karakteristik masing-masing.

Nah ini resep browniesnya ..



SUPER FUDGY BROWNIES

Sumber : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2011/07/super-fudgy-brownies.html

BAHAN :

120 gram unsalted butter (saya pakai margarine)
130 gram terigu protein sedang 30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
225 gram dark cooking chocolate, cincang
250 gram gula pasir halus (saya pakai gula pasir biasa yang diblender)
3 butir telur ukuran besar

Taburan (optional):
Almond slice/kenari cincang/chocolate chips, dll * (saya pakai choco chips)

 
CARA MEMBUAT :


  • Panaskan oven 180'C. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Oles kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang). Sisihkan.
  • Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
  • Lelehkan mentega. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
  • Masukkan gula pasir halus. Aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur. Aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu. Aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama!
  • Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Beri taburan chocolate chips. 
  • Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50 menit. Test sentuh permukaan bagian tengahnya sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk lapisan 'shiny crust' khas brownies. Test tusuk bila perlu.

Saya tidak pakai loyang brownies waktu memanggang, karena belakangan saya baru nyadar kalau loyang brownies yang baru saya beli tidak muat di oven saya yang mungil, jadi pakai loyang yang ada deh.


  • Keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 30 menit dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat. Potong-potong sesuai selera. (saya potong kotak, jadi 25 potong ukuran lumayan besar buat brownies, itupun bagian gosongnya sudah saya buang).


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...