Thursday, October 3, 2013

Kroket Kentang Sayuran


Ini foto kroket kentang buatan saya sendiri. Harap maklum kalau fotonya buram, soalnya yang ngambil gambar amatiran itu juga cuma pake kameranya nokia lumia.


Dari dulu penasaran pengen bikin kroket tapi gak pernah kesampaian. Kalau beli cuma 1 rasanya gak cukup, tapi kalau beli banyak sayang duitnya hehehe *pelit*. Setelah googling sana-sini saya coba memodifikasi beberapa resep kroket dan jadilah kroket kentang ala saya. Kalau dihitung-hitung harganya jauh lebih murah daripada beli, cuma memang mesti berjibaku di dapur waktu masak, soalnya sambil ngurusin Rico anak bungsu saya yang baru 2,5 tahun. Biasanya saya setelin dia video barney biar saya aman di dapur...

Bahan Kulit :

1/2 kg kentang dikukus lalu haluskan selagi masih panas
1 sdm mentega 50 gr susu bubuk (saya pakai dancow sachet kemasan 1 kali minum, kalo gak salah nettonya 47 gr)
1 kuning telur
3/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk

Bahan Isi :

2 siung bawang putih cincang halus
1 butir bawang merah cincang halus
50 gram daging giling
50 gram wortel potong kotak
25 gram buncis potong kotak
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt gula
25 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Pelapis :

2 butir telur
100 gr Tepung Panir

Cara Membuat :

Isi: panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan wortel dan buncis. Aduk sampai layu. Masukkan air, garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk sampai matang. Dinginkan.

Kulit : Aduk rata bahan kulit. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk oval. Padatkan.

Gulingkan di tepung panir kasar. Celup ke telur. Gulingkan lagi di tepung panir kasar.



Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
Hasil akhirnya, jadi 24 buah kroket berukuran super jumbo soalnya saya males waktu buletin adonannya, perasaan gak selesai-selesai, keburu anak saya rusuh, jadi gede-gede deh bikinnya.

Tips dari saya :

1. Sisa putih telur pada bahan kulit bisa dicampurkan pada bahan pelapis.
2. Biar tangan tidak terlalu lengket dengan tepung panir atau tepung panir banyak bergumpal, biasanya saya selesaikan dulu lapisan pertama tepung panir pada semua kroket mentah, setelah selesai baru saya celupkan satu-persatu ke telur dan taruh di piring yang sudah berisi panir, tapi tidak langsung digulingkan di panir hanya ditaruh saja. Setelah semua proses pelapisan dengan telur selesai, baru kroket mentah yang ada di piring panir digulingkan sehinggga semua permukaannya tertutup panir.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...