Thursday, October 24, 2013

Donat Labu Kuning





2 minggu lalu pas belanja bulanan di supermarket saya tertarik buat beli labu kuning sekalipun gak kebayang mau bikin apa. Yang saya tahu cuma cake atau kolak. Mau buat cake saya gak punya mixer, mau bikin kolak tapi kolak identik dengan santan, sementara saya sedang menghindari makanan yang mengandung santan. Ya udah, beli aja dulu deh, nanti tinggal tanya mbah google aja.


Tadi pagi baru deh keinget masih nyimpen labu di kulkas, masih bagus lho sekalipun udah 2 minggu, buru-buru searching resep di internet, dan dapet resep donat labu kuningnya bu Fatmah Bahalwan NCC.

Donat kentangnya saya sudah sering bikin dan rasanya yummy, dan ternyata donat labunya setelah jadi, wuihh... mantap, top markotop deh rasanya. Padahal tadinya udah sempet dag dig dug, secara saya masih belum punya timbangan sampai sekarang dan takarannya semua kira-kira aja pakai perasaan hihihi... Udah gitu tadi pas ngadonin koq rasanya lembek banget ya, apa labunya kebanyakan, jadi gak sampai kalis banget langsung saya diamkan adonannya (putus asa). 30 menit diintip, masih belum ngembang. Duh, jadi gak ya. 1 jam kemudian baru ngembang 2 kali. Itupun masih agak lengket di tangan, mungkin tepungnya kurang kali ya. Tapi setelah jadi, saya langsung comot dua, enaaak bangeeet... ^_^ .. Jadi pengen beli labu lagi besok.

DONAT LABU KUNING
Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan A :
600 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
100 gr gula pasir

 
Bahan B : 
4 butir kuning telur
100 ml air dingin (saya pakai susu UHT full cream dingin)
300 gr Labu kuning, kukus, haluskan, dinginkan


Bahan C : 
75 gr mentega
½ sdt garam


Cara membuatnya:

  • Campur semua Bahan A, aduk rata. Masukkan Bahan B, uleni hingga bergumpal-gumpal.
  • Beri Bahan C, uleni terus hingga kalis elastis. Bulatkan dan diamkan selama 15 menit.
    (saya 1 jam baru mengembang) 
  • Bagi adonan, masing-masing 40gr, bulatkan hingga licin. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  

  • Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan. 
  • Angkat, tiriskan. 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...