Friday, October 11, 2013

Donat Kentang ala ncc




Donat ... anak saya tergila-gila sekali sama kue bundar berlubang di tengah ini. Setiap kali pergi ke mall dan lihat J.CO langsung deh teriak-teriak minta beliin donat. Biasanya saya beliin baby donatnya J.CO yang isi 2 lusin, bisa habis makan berdua sama abangnya, paling-paling saya sama papanya cuma kebagian sedikit. Saya gak tahu anak saya ini senang sama donatnya atau topping warna-warninya yang memang menggoda hati.


Terinspirasi dari sini, saya coba buat donat sendiri dan saya dapat resepnya donat NCC yang memang katanya terkenal empuk. Tapi sempet kebayang acara menguleni adonannya, yang kata orang berat banget, hmmhhh .. kira-kira saya sanggup gak ya? Ya gak ada salahnya dicoba, hitung-hitung melatih kesabaran. Yuk mari dicoba...

DONAT KENTANG 
sumber : NCC

Bahan :







500 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra kembar)
50 gr susu bubuk (saya pakai 2 bks dancow sachet netto @27 gr)
200 gr kentang kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula kastor (saya gak punya, jadi pakai gula pasir biasa yang saya blender)
75 gr mentega
11 gr ragi instan
1/4 sdt garam
4 kuning telur
100 ml air dingin

Cara Membuat :

Kukus kentang, kemudian kupas dan haluskan selagi masih panas, kalau perlu gunakan blender supaya benar-benar halus. Dinginkan.

Diulek dulu sebelum diblender biar kerja blendernya gak terlalu berat

Ini hasilnya setelah kentang diblender, agak berair

Campur terigu, gula, susu dan ragi. Aduk rata.
Tambahkan kentang halus yang sudah dingin, masukkan kuning telur, masukkan air ssedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis.

Nah ini dia, MENGULENI adonan. Yup satu hal yang sempat buat saya males bikin donat. Tips dari saya, sebaiknya makan dulu sebelum buat donat ini, supaya punya tenaga super buat menguleni adonan. Hampir putus asa rasanya melihat adonan super lengket di tangan ini, sambil bertanya-tanya dalam hati kapan kalisnya ya? Ditambah lagi waktu lagi ngulenin, anak bungsu saya minta suapin makan, halah.. suruh mbaknya yang suapin pasti anak saya gak mau, kalau mbaknya yang ngulenin hmmmhh, gak deh kayaknya yang penasaran sama donat kan saya. Jadi deh akhirnya, tangan kanan ngulenin, tangan kiri nyuapin. Eh ternyata gak sesulit yang saya kira lho, lancar jaya aja tuh semuanya.

Balik ke adonan donat lagi nih, setelah setengah kalis, masukkan garam dan mentega, terus uleni lagi hingga kalis dan elastis. Setelah mentega masuk adonannya sebentar langsung kalis tuh, tahap yang saya pikir sulit ternyata terlewati dengan mudah, rasanya lain kali saya gak keberatan lagi kalau harus menguleni adonan.

Diamkan adonan selama kurang lebih 20-30 menit, tutup dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
Kempiskan adonan dengan cara meninjunya (sadis ^;^ ), bagi dan bentuk bulat dengan menggunakan cetakan donat. Berhubung saya tidak punya cetakan donat, saya bagi sendiri adonannya jadi 25 bagian.

Siap dicetak

Diamkan lagi selama kurang lebih 20-30 menit.
Lubangi bagian tengah donat, goreng dengan api cenderung kecil agar bagian dalam matang. Gunakan sumpit waktu menggoreng agar donat terlihat cantik. (saya tidak punya sumpit, jadi ya bulatnya gak semulus orang jualan deh).
Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi toping sesuai selera.


Menghias donat ternyata tidak semudah bayangan saya, jadi berhubung saya udah males, donatnya tanpa topping deh, itu juga udah enak, anak saya langsung lahap tuh makannya.
 
Yippie... lulus juga adegan banting-membanting adonan donat ini, next time mau bikin pizza ah, yang pakai acara ngulenin adonan juga (dari dulu pengeeen banget buat homemade pizza, tapi terbayang ngulenin adonan rotinya jadi males).

Berikut tips sukses membuat donat, yang juga bersumber dari NCC :


  • Siapkan semua bahan dengan baik, supaya tidak ada yang tertinggal, termasuk garam sekalipun.
  • Seperti halnya membuat roti, harus selalu diingat kalau mentega dan ragi tidak boleh bertemu dengan garam, karena nanti raginya mati dan tidak bisa mengembangkan adonan. Jadi masukkan garam dan mentega setelah adonan setengah kalis.
  • Haluskan kentang sampai benar-benar halus sehingga adonannya bisa licin.
  • Kentang halus harus dimasukkan setelah benar-benar dingin, kalau masih panas bisa berakibat ragi tidak berfungsi.
  • Gunakan sumpit ketika menggoreng, buat gerakan memutar pada lubang donat, agar bentuk donat bundar dan cantik.

UPDATE  
  • Setelah percobaan pertama saya membuat donat berhasil dengan sukses, saya jadi ketagihan buat donat, karena proses menguleni jadi tidak terasa berat lagi sekarang. 
  • Pada pembuatan donat ketiga kalinya, kentang kukus tidak lagi saya ulek, tapi saya potong sekenanya dan langsung diblender, hasilnya jauh lebih halus ketimbang ketika diulek dulu baru diblender. Kalau diulek dulu, ketika diblender ada yang menyisakan seperti butiran-butiran kecil seperti tidak tersentuh mesin blender. 
  • Susu bubuk saya ganti dengan susu UHT full cream yang sudah saya simpan di kulkas. Karena bentuknya cair, maka saya tidak menggunakan air dingin lagi untuk menguleni adonan. Hanya volume susunya saya perbanyak, awalnya saya samakan dengan volume air dingin pada bahan yaitu 100 ml, tapi adonan seperti kurang air, jadi saya tambahkan lagi sampai hampir 200 ml, tambahkannya sedikit-sedikit sampai dirasa adonan cukup untuk diuleni. Ternyata adonan jadi jauh lebih cepat kalis. Saya tidak tahu apakah ini pengaruh dari penggantian susu cair, atau ada faktor lain yang saya tidak ketahui. Yang jelas semua langkah pembuatan donat tidak ada yang saya ubah, hanya proses penghalusan kentang dan susu saja yang saya ganti. 





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...