Thursday, October 24, 2013

Mie Goreng Jawa


Siapa sih yang gak suka mie? Saya yakin menu yang satu ini punya penggemar cukup banyak, salah satunya saya.
Di rumah, kalau lagi males masak, males juga keluar rumah buat beli makanan aka gak punya duit, nah ini salah satu lauk kepepet, cuma bentuknya mie instan. Tapi harus ngumpet-ngumpet makannya, supaya anak saya gak minta, bukan bermaksud pelit sih hehe... tapi mie instan kan rata-rata ada msg dan pengawetnya, gak bagus dong kalau keseringan apalagi buat anak saya yang dalam masa pertumbuhan. Udah gitu kata suami saya, mie instan gak sesuai sama gambar di bungkusnya. Perhatiin deh kemasannya, ada semangkuk mie plus ayam goreng dan telur rebus. Tapi  coba pas dibuka, ayam sama telurnya gak ada kan? Ya, namanya juga iklan Pa.. Makanya coba buat mie sendiri aja, selain sehat karena tanpa msg, anak saya juga bisa kebagian. 

Setelah googling sana-sini nemu juga deh resep mie goreng yang kira-kira pas sama saya, dan langsung saya praktekkan di dapur dengan sedikit modifikasi, karena menyesuaikan bahan-bahan yang ada di kulkas.

MIE GORENG JAWA
sumber : justtryandtaste.com 

Bahan :

1 buah paha ayam, rebus, sisihkan kaldunya, suwir-suwir dagingnya
500 ml air untuk merebus ayam
1 bungkus mie telur
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap inggris
2 butir telur ayam kocok lepas
2 batang daun bawang iris 1 cm
2 sdm minyak untuk menumis
6 buah bakso keju iris tipis
1 lembar daging asap potong kotak
2 ikat sawi hijau, potong-potong
Bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :

6 siung bawang putih
4 buah kemiri sangrai
lada dan garam secukupnya

Cara Membuat :

Rebus mie telur, angkat dan tiriskan, lumuri dengan kecap manis dan kecap asin sampai rata.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan irisan daging asap dan bakso.


Masukkan kaldu rebusan ayam dan sawi hijau.
Tambahkan kecap inggris. 
Masukkan mie yang sudah direbus aduk rata hingga air mengering dan terakhir masukkan daun bawang. Aduk sebentar, matikan api.
Angkat dan hidangkan dengan taburan bawang goreng. 





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...