Thursday, January 23, 2014

Sacher Torte


Satu lagi cake coklat yang saya rekomendasikan untuk dicoba, sacher torte. Buat yang ngaku pecinta coklat, rugi deh kalau belum nyobain cake ini. Teksturnya cukup padat tapi tetap lembut dan rasanya enaaak banget. Cake ini diberi nama sesuai nama si pembuat resep aslinya yaitu Edward Sacher dari Wina Austria.

Biasanya sacher torte ini diberi tulisan sacher di atasnya. Tapi saya hanya menyiramnya dengan ganache cokelat tanpa tulisan sacher.

SACHER TORTE
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN :

Bahan A
  • 160 gram mentega/margarine (saya pakai butter campur margarine dengan perbandingan 1:1)
  • 160 gram gula kastor
  • 8 butir kuning telur
  • 1 sendok teh vanilli (saya pakai vanilla bubuk)
  • 160 gram dark cooking chocolate
  • 150 gram terigu protein sedang
Bahan B
  • 8 butir putih telur
  • 150 gram gula kastor
Bahan C: 

selai aprikot (saya pakai selai strawberry)

Bahan Ganache:
  • 350 gram whipped cream
  • 350 gram dark cooking chocolate
  • Panaskan whipped cream di atas api kecil, angkat dan segera campurkan potongan dark cooking chocolate ke dalamnya. Aduk-aduk sampai semua coklat meleleh dan tercampur dengan whipped cream. Kocok sebentar dengan mixer (saya tidak kocok dengan mixer tapi simpan sebentar di kulkas). Bila menggunakan whipped cream bubuk, cairkan dulu sesuai petunjuk di kemasannya.
Cara Membuat:
  • Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan pucat.
  • Masukkan kuning telur, kocok terus sampai tercampur rata
  • Tambahkan vanilla bubuk dan dark cooking chocolate yang telah dilelehkan.
  • Di tempat lain, kocok putih telur  hingga naik, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit
  • Campur secara bergantian terigu dan kocokan putih telur ke dalam adonan mentega.
  • Tuang adonan dalam 2 buah loyang berdiameter 22 tinggi 4 cm (saya menggunakan 2 buah loyang kotak ukuran 20x10x4 cm, 1/2 resep).
  • Panggang hingga matang.
Penyelesaian:
  • Ambil selembar cake, olesi permukaannya dengan selai.
  • Tumpukan satu lembar cake lagi.
  • Siram permukaannya dengan ganache.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...