Monday, January 27, 2014

Chicken Cola Wings

Secangkir teh manis hangat jauh lebih menyegarkan untuk saya ketimbang sebotol minuman bersoda karena saya bukan penggemar minuman bersoda. Kalau makan di resto saya tidak pernah memesan minuman bersoda sama sekali, kecuali sudah ada dalam satu paket seperti kalau di resto cepat saji. Itupun biasanya saya akan tukar dengan lemon tea atau air mineral.


Jadi waktu resep chicken cola ini beredar di milis ncc kira-kira 2 bulan yang lalu, saya tidak terlalu tertarik untuk mencobanya. Waktu itu resep ini jadi perbincangan hangat di milis ncc. Banyak member milis yang kemudian mencoba buat dan semuanya kasih komentar enak. Jadi tergoda juga saya untuk mengeksekusinya di dapur mungil saya.

Tadi siang sewaktu berbelanja di The Food Hall Alam Sutera, ternyata chicken wings-nya kosong, adanya dada ayam tanpa tulang dan paha ayam tanpa tulang. Akhirnya saya putuskan menggunakan daging paha ayam tanpa tulang. Jadi harusnya namanya diganti ya bukan chicken cola wings lagi.

Buatnya gampang banget, tapi sayangnya anak-anak saya tidak terlalu suka. Tapi ini hanya masalah selera, tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai variasi lauk.

CHICKEN COLA WINGS
Sumber : Budiman Halim

BAHAN :
  • 200 gr sayap ayam
  • 4 sdm shoyu atau kecap Jepang (saya ganti dengan kecap asin dan saus tiram dengan perbandingan 1:1)
  • 150 ml cola
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 siung bawang putih cincang, goreng sebentar
  • 1 ruas jahe keprek, cincang, goreng sebentar

CARA MEMBUAT :
  • Rendam ayam dengan shoyu, minimal 30 menit.
  • Masukkan di kulkas.
  • Goreng ayam menggunakan teflon, dengan sedikit minyak (ayamnya saja ya, tapi bumbu perendamnya jangan dibuang).
  • Catatan dari saya : tutup pan sewaktu menggoreng. Saya tidak menutup pan alhasil dapur saya kotor dengan suksesnya kena cipratan minyak, mungkin minyak goreng yang saya pakai kebanyakan atau ada bumbu perendam ikut tergoreng.
  • Balik sisinya kalau sudah kecoklatan.
  • Masukkan bumbu perendam dan cola ke dalam ayam.
  • Kecilkan api.
  • Masak sampai bumbu mengental.
  • Angkat.
  • Taburkan bawang putih goreng dan jahe.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...