Thursday, January 9, 2014

Nastar Klasik


Jangan taruh setoples nastar deket saya, dijamin habis dalam sekejap hihi... Soalnya saya doyan banget sama kue kering yang satu ini, gurihnya kulit nastar ditambah manisnya selai nanas tuh kalau kata orang Jawa ibaratnya tumbu ketemu tutup, cocok banget.


Sekalipun suka nastar, tapi baru kali ini saya nyoba buat sendiri. Dari dulu gak pernah mau buat karena kebayang lamanya proses pembuatan gak sebanding sama kecepatan ngabisin kuenya. Belum lagi harus buat selai nanas dulu, males deh ah..

Pas kemarin ke toko bahan kue, lihat ada yang jual selai nanas homemade khusus isian nastar, dan ada seorang ibu yang lagi beli selai ini, langsung deh saya nanya, "udah pernah beli selai ini bu, enak gak?", tuh ibu bilang, "enak cuma kemanisan", ok deh karena saya pecinta manis, langsung saya beli. Ya kalaupun ternyata gak enak, saya gak akan beli lagi dan gak buat nastar lagi.

Ternyata buat nastar itu gampang, cuma butuh kerajinan dan ketrampilan lebih aja buat mulung-mulung (duh bahasanya) kuenya. Karena saya kurang trampil alias males lama-lama ngebentuk kecil-kecil, jadi deh nastarnya gede-gede. Tapi bukan bermaksud pembelaan diri ya, kemarin pas ke holland bakery, ada nastar dijual gede banget, namanya nastar jambu, karena memang ukurannya segede jambu. Dijual satunya lima ribu, satu buah ya bukan satu toples.  Jadi gak salah dong kalau nastar saya gede-gede.
Untuk resep nastar seperti biasa nyontek dari web nya ncc.

NASTAR KLASIK

BAHAN :
  • 250 gr margarine 
  • 250 gr butter 
  • 100 gr gula halus 
  • 4 kuning telur
  • 700 gr terigu (saya pakai terigu protein rendah)
  • 4 sdm susu bubuk
BAHAN OLESAN :
  • 4 kuning telur
CARA MEMBUAT :
  • Bulat-bulatkan dulu selai nanas, simpan di kulkas.


  • Kocok margarine, mentega, gula halus dan telur dengan mixer speed rendah sebentar saja asal tercampur (saya bekukan dulu mentega dan margarinenya).
  • Masukkan terigu dan susu, aduk rata dengan sendok kayu.
  • Simpan sebentar adonan di kulkas, tutup dengan plastik wrap.
  • Bulatkan adonan, beri isi selai.
  • Saya langsung panggang tanpa memanaskan oven dulu.


  • Panggang dengan api bawah selama 30 menit dengan suhu 160°C, kemudian keluarkan dari oven beri bahan olesan dan panggang lagi 10 menit dengan api atas.
  • Dinginkan dulu nastar baru simpan dalam wadah tertutup.

Saya membuat hanya separuh dari resep di atas dan menghasilkan 35 buah nastar ukuran jumbo kira-kira hampir seukuran bola pingpong.

Rasanya enak sekalipun penampilannya ala kadarnya, tidak secantik nastar yang dijual orang. Permukaannya ada yang retak-retak karena api oven terlalu besar.

Untuk butter sebaiknya gunakan yang asin, karena butter yang saya gunakan tawar, akibatnya nastarnya enak tapi kurang gurih.


 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...