Tuesday, December 31, 2013

Cake Pisang Cokelat Keju



Dua hari yang lalu saya beli sesisir pisang barangan alias pisang medan. Anak saya yang biasanya suka pisang, kali ini tidak mau menyentuh sedikit pun pisang yang saya beli. Saya tidak tahu kenapa, padahal menurut saya pisang medan ini enak, mungkin karena dia lebih terbiasa makan pisang ambon. Akhirnya sisa pisang di meja makan saya olah jadi cake pisang.



Resep cake pisang ini saya ambil dari milis ncc dengan sedikit modifikasi, karena saya mau cakenya berwarna coklat, jadi sebagian terigunya saya substitusi dengan coklat bubuk. Dan supaya cake lebih lembab, margarine saya ganti dengan minyak goreng, ditambah dengan potongan keju cheddar di dalamnya supaya ada sensasi rasa keju waktu menggigit cake.



yang berwarna putih di tengah itu potongan keju


Kalau dilihat sebenarnya cake pisang ini sama saja dengan muffin pisang, hanya dicetak menggunakan loyang biasa seperti cake. Di sini saya menggunakan loyang kotak ukuran 20 x 20 cm untuk 1 resep, tapi hasil akhirnya menurut saya cake jadi terlalu tinggi, rasanya akan lebih bagus kalau menggunakan loyang yang ukurannya lebih besar. Di resep aslinya dibilang cake ini bisa dikukus atau dipanggang, tapi saya membuat yang versi panggang.

 

CAKE PISANG COKLAT KEJU
Sumber : milis ncc



BAHAN KERING :
  • 200 g terigu protein sedang (saya pakai 170 gr terigu protein sedang dan 30 gr coklat bubuk)
  • 150 g gula pasir
  • 50 g gula aren/palem
  • 2 sdt baking powder (saya pakai 1½ sdt baking powder double acting)
  • 1 sdt baking soda (saya pakai ½ sdt soda kue)
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kayu manis bubuk
  • Keju cheddar potong kotak kecil (tidak saya timbang, kira-kira 1/4 kotak) 
  • Sedikit choco chips untuk taburan

BAHAN BASAH :
  • 175 ml minyak goreng / unsalted butter / margarine dilelehkan (saya pakai minyak goreng)
  • 3 butir telur 
  • 4-6 pisang ambon matang, dihancurkan dengan garpu/mixer/food processor (saya pakai 5 buah pisang medan diblender)

CARA MEMBUAT :
  • Siapkan oven suhu 180 derajat atau kukusan api sedang. 
  • Campur semua bahan kering. Jangan lupa ayak terigu, baking powder,
    dan baking soda bersama-sama.
  • Campur semua bahan basah. Masukan bahan kering ke dalam bahan basah sedikit-sedikit sambil diaduk.
  • Masukkan di loyang yang telah dialasi kertas roti dan dioles mentega (saya tidak pakai kertas roti) ½ bagian adonan, atur potongan keju, tuang sisa adonan sampai habis.
  • Taburkan choco chips di atasnya. 
  • Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu 170-180 derajat kurleb 40 menit/hingga matang (saya pakai suhu 190 derajat celcius, api bawah 20 menit, api atas bawah 10 menit selanjutnya). 
  • Bisa juga dikukus dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
sebelum diberi white cooking chocolate

dengan topping white cooking chocolate rasa lemon


Rico sedang menikmati kue buatan mama

 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...