Saturday, December 21, 2013

Banana Chocochips Muffin


Setiap kali lewat tukang buah dan ngeliat ada pisang, langsung deh anak bungsu saya teriak, "beli pajamas mama ...", hihihi.. bingung kan, efek kebanyakan nonton bananas pajamas di disney junior. Yup, pisang memang salah satu buah favorit anak bungsu saya. Kalau dibeliin pisang cavendish, 5 buah juga bisa habis dalam sehari. Kata mama saya, dulu waktu kecil saya kalau dikasih pisang sesisir bisa habis sendiri, kayaknya nurun dari saya nih anak.

Tadi saya melihat ada 2 buah pisang cavendish nganggur di meja makan, nyaris 'bonyok' karena sudah menghitam kulitnya. Daripada terbuang percuma, jadi kepikiran untuk diolah, sempat bingung antara cake pisang atau muffin. Masih bingung-bingung di antara 2 pilihan tadi, si kecil tiba-tiba memaksa minta tuh pisang. Ya sudahlah saya mengalah, batal diolah pisangnya. Tapi tidak menghalangi hasrat saya untuk buat kue berbahan pisang. Sorenya pas keluar rumah, kebetulan lewat tukang pisang. Dan saya beli 2 sisir sekaligus pisang raja, soalnya jarang-jarang saya lihat ada yang jual pisang raja. Dan mulailah hunting resep, sampai pilihan saya jatuh pada muffin, karena sudah sore. Pertimbangan saya kalau muffin, buatnya praktis dan cepat karena tidak butuh mixer, cuma aduk-aduk jadi deh.. Dan rasanya enak banget buat saya, untuk pecinta pisang dijamin doyan deh.  Pokoknya less effort for a big taste.

Kali ini saya buat full 1 resep dan menghasilkan 10 buah muffin ukuran besar yang saya cetak di cetakan bluder. Makan satu lumayan kenyang, karena ukurannya cukup besar, tapi kalau buat saya, makan satu gak cukup ..




BANANA CHOCOCHIPS MUFFIN
Sumber : just try and taste


BAHAN :

  •   190 gram tepung terigu serba guna
  •   1/2 sendok teh baking soda
  •   1 1/2 sendok teh baking powder double acting dan pastikan fresh
  •   1/2 sendok teh garam halus
  •   3 buah pisang yang benar-benar matang (saya pakai 5 pisang raja)
  •   150 gram gula pasir (saya pakai gula kastor)
  •   1 butir telur ayam
  •   75 gram mentega/margarine, cairkan (saya pakai minyak goreng)
  •   1/2 sendok teh kayu manis bubuk (saya tidak pakai)
  •   Chocochips secukupnya untuk taburan (resep asli tidak pakai)



CARA MEMBUAT :

  • Siapkan oven, set di suhu 190'C, lapisi loyang muffin dengan mentega dan tepung. Saya menggunakan bluder cup, jadi tidak dioles margarine.
  • Haluskan pisang, dengan blender hingga menjadi adonan yang benar-benar smooth
  • Siapkan mangkuk, ayak tepung terigu, baking soda, baking powder, garam dan kayu manis bubuk. Sisihkan.
  • Dalam mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau kawat pengocok telur. Kocok sebentar saja. Masukkan gula pasir, pisang halus dan minyak goreng, kocok hingga tercampur rata.
  • Masukkan tepung terigu ke dalam larutan pisang & telur, aduk pelan hanya agar tercampur dan menjadi adonan basah saja. Jangan terlalu lama mengaduk, jika masih ada tepung yang menggumpal, biarkan. Saat muffin dipanggang adonan akan tercampur sendiri. Terlalu lama mengaduk akan membuat muffin menjadi bantat.
  • Masukkan muffin ke dalam cetakan atau kertas cup, tinggi adonan 3/4 cetakan saja. Muffin akan mengembang saat di panggang. Jika adonan terlampau penuh hingga ke mulut cetakan maka ketika mengembang akan meluber ke luar,  muffin menjadi terlihat kurang cantik.
  • Taburi chocochips di atas muffin.
  • Panggang selama 20 - 25 menit, atau jika kita tusuk bagian tengah kue tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan dari oven.  Muffin siap dihidangkan atau simpan dalam freezer menggunakan wadah kedap udara. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...