Wednesday, December 11, 2013

Lapis Surabaya versi ncc


Lapis Surabaya lagi, kali ini pakai resep dari milis ncc. Pertama kali buat lapsur ini hasilnya gagal total, pembuatan kedua tidak menggunakan resep dari ncc dan berhasil.
Berhubung masih penasaran sama si lapsur ncc ini, karena dari berbagai testimoni yang saya baca, katanya lapsur-nya ncc ini enak banget, tanpa emulsifier, jadi cakenya cukup padat, akhirnya saya nekat coba lagi buat dengan membaca berulang-ulang email dari milis ncc serta tips trik anti gagalnya.
Katanya juga nih asal nurut banget sama resep dijamin kuenya jadi. Ok deh mari kita coba ... kali ini saya buat 1/2 resep dulu, dan memang rasanya enyaaaak banget, sayang jadinya dikit, lain kali saya mau buat full 1 resep supaya puas makannya (hmmhhh ... kebayang harus mecahin dan misahin 30 butir kuning telur).

LAPIS SURABAYA
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN (untuk setiap lapis) :


  • 10 btr kuning telur
  • 125 gr mentega kocok
  • 100 gr gula pasir (saya pakai gula kastor)
  • 50 gr terigu (saya pakai protein rendah)
  • 1 sdm pasta coklat untuk lapisan coklat
  • Selai strawberry untuk olesan

CARA MEMBUAT :


  • Panaskan oven.
  • Siapkan loyang 20x20 cm, oles margarine, lapisi kertas roti kemudian oles margarine lagi. (saya tidak pakai kertas roti dan olesan margarine pada loyang terlalu sedikit, akibatnya setelah matang cake agak susah dikeluarkan dari loyang, sehingga bagian atas cake terkelupas dan tidak berwarna coklat. Dari segi rasa tidak ada pengaruhnya, tapi dari segi penampilan cakenya terlihat kurang cantik)
  • Kocok mentega sampai putih.
  • Di tempat yang terpisah kocok telur dan gula sampai kental.
  • Matikan mixer masukkan mentega kocok, aduk balik.
  • Masukkan terigu sambil diayak, aduk rata.
  • Untuk lapisan coklat, masukkan pasta coklat, aduk balik.
  • Panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit, jangan lupa lakukan tes tusuk.
  • Bila sudah dingin, keluarkan dari loyang, oles selai strawberry, kemudian tumpuk jadi satu setiap lapisan.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...