Tuesday, December 17, 2013

Bitterballen Makaroni


3 tahun lalu waktu masih tinggal di rumah lama, saya sering beli bitterballen makaroni ini di bakery langganan saya. Biasanya mobil bakery ini pagi-pagi keliling di komplek tempat saya tinggal. Penjualnya menyebutnya makaroni saja, belakangan saya baru tahu kalau namanya bitterballen. Harganya lumayan mahal buat saya, sepotong kecil waktu itu dihargai Rp 3.000,- (itu 3 tahun yang lalu lho). Tapi karena rasanya yang enak, saya cukup sering beli.

Ternyata buatnya gampang sekali, dan jauh lebih murah kalau buat sendiri ketimbang harus beli, bisa puas lagi makannya.

BITTERBALLEN MAKARONI
Sumber : Diah Didi 

BAHAN :
  • 2 sdm margarine untuk menumis
  • 1/2 buah bombai cincang halus
  • 150 gr dada ayam cincang
  • 30 gr terigu protein sedang
  • 175 ml susu cair
  • 100 gr makaroni direbus
  • 50 gr wortel potong dadu rebus matang
  • garam, gula, lada bubuk, pala bubuk secukupnya
  • 50 gr keju cheddar parut
  • minyak untuk menggoreng
PELAPIS :
  • 1 butir telur kocok lepas campur dengan 1 sdm makan air
  • 100 gr tepung panir
CARA MEMBUAT :
  • Panaskan margarine, tumis bomba sampai harum, masukkan ayam, aduk sampai berubah warna.
  • Masukkan terigu, aduk sampai berbutir-butir.
  • Tuang susu cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk sampai licin.
  • Masukkan makaroni, wortel, garam, lada, gula, pala, aduk rata.
  • Angkat.
  • Tunggu dingin, kemudian bentuk bola-bola.
  • Celupkan ke kocokan telur.
  • Gulingkan di tepung panir.
  • Masukkan di freezer selama 30 menit agar tepung panir lebih menempel.
  • Goreng dalam minyak panas.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...