Monday, December 16, 2013

Bolu Kukus Ketan Hitam

Dalam rangka menghabiskan stok tepung ketan hitam sisa buat brownies kukus ketan hitam minggu lalu, akhirnya saya buat bolu kukus lagi deh. Rasanya sih gak jauh beda sama si brownies ketan hitam, tapi karena saya pecinta manis, saya cenderung lebih suka yang versi browniesnya ketimbang yang ini. Kalau versi browniesnya kan pas makan ada sensasi kejutan rasa coklat yang meleleh karena tengahnya pakai meises.

Bolu kukus ini juga lumayan enak sebetulnya, anak bungsu saya lahap sekali makannya. Tapi menurut saya lebih enak lagi kalau didiamkan dulu di kulkas semalaman baru dimakan. Tergantung selera sih. Biar lebih afdol mending coba buat dua-duanya, jadi kan tahu mana yang lebih enak.

Saya hanya membuat 1/2 dari resep yang tercantum di bawah ini dan pas untuk loyang bundar berdiameter 18 cm.

BOLU KUKUS KETAN HITAM
Sumber : cakefever

BAHAN :


  • 250gr tepung ketan hitam
  • 200gr gula pasir
  • 200gr minyak goreng
  • 6 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 sdm susu kental manis

CARA MEMBUAT :
  • Kocok gula dan telur dengan mixer hingga mengembang dan kental (pakai gula kastor kalau mau lebih cepat).
  • Masukkan garam dan vanili, kocok rata.
  • Masukkan susu kental manis, aduk rata.
  • Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan spatula besar.
  • Masukkan minyak goreng, aduk balik dengan spatula.
  • Pastikan minyak tercampur rata, kalau tidak rata akan menyebabkan kue bantat.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarine.
  • Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan lebih dulu selama 20 menit.
  • Api kompor jangan terlalu besar supaya kue tidak bergelombang.
  • Tutup dandang dibungkus dengan serbet supaya uap air tidak menetes ke kue.
  • Setelah matang, angkat, dinginkan dan keluarkan dari loyang.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...