Sunday, November 3, 2013

Cake Caramel



Setelah sukses memanggang brownies 2 hari yang lalu (walaupun sedikit gosong pinggirannya), saya jadi keranjingan cari-cari resep cake yang gampang buat pemula seperti saya dan gak perlu mixer, dan pilihan saya jatuh pada cake caramelnya bu Fatmah Bahalwan.
Yup resep-resep dari NCC memang selalu jadi andalan saya sekarang ini. Biasanya sebelum buat, saya akan baca resepnya berulang-ulang untuk memastikan kemungkinannya akan berhasil atau tidak, kadang di satu resep ada beberapa tips yang kelihatan sepele tapi punya pengaruh luar biasa pada hasil akhir.

Cake caramel ini saya hanya buat 1/2 resep. Tadinya sih mau buat 1 resep, karena PD banget pasti jadi. Selesai timbang terigu, gula dan kawan-kawannya, saya baru nyadar ternyata persediaan telur saya tinggal 4, mau keluar rumah buat beli, males banget deh. Jadi 1/2 resep aja deh akhirnya. Tapi jadinya lumayan koq, 2 loyang brownies ukuran 24x11x4 cm. Saya pakai loyang brownies karena saya gak punya loyang tulban, padahal baru saja saya dari toko bahan kue, yang saya beli malah loyang brownies gara-gara tempo hari pas buat brownies loyangnya gak muat di oven.

Tapi okelah, gak ada rotan akarpun jadi.  Karena di tipsnya bu Fatmah dibilang kalau loyang tulbannya dialasi loyang lain, untuk menghindari tetesan minyak dari adonan jatuh langsung ke dasar oven yang bisa berefek menimbulkan asap atau aroma gosong, saya jadi gak berani tuang adonannya penuh (cuma 1/2 tinggi loyang aja). Makanya biar buatnya cuma 1/2 resep, bisa jadi 2 loyang. Itupun tetep ada tetesan minyak yang jatuh ke loyang dasarnya. Tapi hasil akhirnya tidak mengecewakan lho, sekalipun kuenya agak pendek, tapi sarangnya terbentuk (katanya sarangnya bisa buat ngintip ya? ^-^). 


Rasa cake caramel ini buat saya enak, tapi buat mereka yang tidak terlalu suka manis mungkin takaran gulanya bisa dikurangi sedikit.

Ayo ah daripada cuma dibaca aja resepnya, mari kita eksekusi di dapur...

Cake Caramel
Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan : 

425 gr gula pasir
450 ml air panas
180 gr terigu (saya pakai terigu protein sedang)
50 gr maizena
8 butir telur ayam
150 gr margarine
2 sdt soda kue
200 ml susu kental manis

Cara Membuat :

Buat caramel dengan cara taruh gula di wajan, masak di atas api hingga berwarna coklat, tuang air panas, biar mendidih dan gula larut, matikan api, dinginkan caramel pada suhu ruang.

Kocok margarine dan susu kental dengan whisk lalu masukkan telur satu-persatu sambil tetap dikocok.

Masukkan terigu yang sudah diayak dengan maizena dan soda kue sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga rata.

Tuang caramel ke dalam adonan sedikit-demi sedikit sambil tetap diaduk sampai tercampur rata.

Tuang dalam loyang tulban yang sudah dioles mentega dan ditabur terigu (saya pakai loyang brownies).

Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 40 menit.






Tipsnya bu Fatmah Bahalwan :


  • Adonan caramel cake ini unik. Encer, sama sekali tidak terbayang bahwa adonan encer ini akan menjadi cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
  • Mendapatkan sarang yang banyak sampai bisa buat ‘ngeker’ (ngintip), adalah dari proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan skm terlalu lama. Krn bila terlalu lembut jadinya cake kurang bersarang. Sebagian orang malah cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan speed rendah saja, atau speed tinggi tapi sebentar banget.
  • Jangan kaget, bila adonan nampak terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya kampul-kampul dipermukaan). Mereka semua akan menyatu saat kena panas oven.
  • Sebaiknya selalu lapisi Loyang dengan Loyang kotak yg lebih besar dibagian bawah. Ini dilakukan untuk menghindari ada tetesan lemak/minyak adonan yg langsung kedasar oven. Minyak yg menetes kedasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan asap banyak. Kejadian ini sering membuat panic (dikira kebakaran).
  • Kesimpulannya, membuat caramel cake jangan mikir terlalu berat. Just do it saja, ikuti perintah resep, sejadinya adonan, langsung oven deh. Kejutannya adalah ketika mendapatkan cake yg lembut, kenyal, bersarang dan enak bangeettt...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...