Saturday, November 30, 2013

Pennylane Brownies

Brownies lagi ... tapi kali ini bahannya ekonomis banget, tanpa margarine, tanpa dark cooking chocolate .. ekonomis kan? Kali ini saya pakai resepnya mbak Riana Ambarsari.
Karena di resep aslinya dibilang untuk 2 loyang ukuran 22 x 22 cm, sementara saya cuma mau pakai 1 loyang ukuran 24 x 10 cm, jadi saya buatnya 1/4 resep.Tapi yang saya cantumkan di bawah ini 1 resep utuh ya, jadi kalau mau buat 1/4 resep, bahan-bahannya dibagi 4 saja.

Rasa pennylane brownies ini cukup enak sebenarnya, apalagi kalau sudah didiamkan di kulkas semalaman. Tapi buat pecinta coklat, rasa pennylane brownies kurang 'nyoklat'. Jadinya setelah matang saya siram ganache di atasnya. Ujung-ujungnya sih tetep aja pakai dark cooking chocolate buat ganachenya.

PENNYLANE BROWNIES
Sumber : Riana Ambarsari

Bahan :

4 butir telur
360 gr gula pasir (saya pakai gula kastor)
225 gr minyak goreng
60 gr coklat bubuk
210 gr terigu segitiga
1/2 sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gr kenari / mede cincang sangrai (saya gak pakai)
85 gr choco chip

Ganache :

Margarine dan dark cooking chocolate ( yang ini gak saya timbang, pakai prinsip kira-kira ^~^ karena di resep aslinya gak pakai ganache). Ganache dibuat dengan cara melelehkan margarine, matikan api sebelum margarine mendidih, kemudian masukkan potongan coklat, aduk hingga tercampur rata dan coklat cair.

Cara membuat :


  • Oles loyang dengan mentega, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi mentega lagi.
  • Campur coklat bubuk, terigu dan vanilli bubuk.
  • Kocok telur dan gula dengan whisk, masukkan garam.
  • Ayakkan campuran terigu, aduk asal tercampur rata.
  • Masuk minyak goreng.
  • Masuk kenari dan choco chips.
  • Tuang adonan ke loyang, panggang selama 35 menit (saya hanya 20 menit).
  • Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang.
  • Siram dengan ganache.
  • Lebih enak disimpan dulu di kulkas semalam sebelum dimakan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...