Sunday, September 7, 2014

Banoffee Pie


Pertama kali tahu banofee pie dari grup kuliner ncc. Ada salah satu member yang posting foto (fotonya aja, gak pake resep) si banoffee ini. Gak tertarik buat bikin sih, karena lihat penampilannya kurang menarik. Tapi koq reviewnya pada bilang enak. Jadi penasaran deh. Soalnya saya doyan sama pie.



Mulai tanya-tanya deh sama mbah google, sekalian hunting resepnya. Ternyata banoffee pie ini merupakan dessert yang berasal dari Inggris. Banoffee pie adalah pie berisi banana dan toffee. dilengkapi dengan krim lembut dan topping dari cokelat maupun kopi. Toffee sendiri adalah karamel yang didapat dari memasak gula bersama butter.

Pie ini rasanya manissss banget padahal takaran gula pada crust pie-nya sudah saya kurangi. Ya iyalah, pisangnya aja udah manis, ditambah karamel yang manis, whip cream yang gurih (whip cream yang saya pakai ada manisnya juga, kalau mau pakai yang non dairy biar gak manis), masih ditabur dcc parut, gimana gak rasanya jadi super duper manis. Enak sih buat saya, karena saya pecinta pisang dan suka sama yang manis-manis. Tapi buat yang tidak terlalu suka manis, menurut saya topping cokelatnya lebih baik diskip atau diganti cokelat bubuk ayak ataupun kopi. 

Untuk karamelnya, kalau mau bisa gunakan dulche de leche yang lagi ngehits itu. Dulce de leche ini adalah susu kental manis yang direbus sama kaleng-kalengnya selama 5 jam nonstop sampai jadi karamel. Tapi kalau saya gak mau pake dulche de leche, sayang banget gas buat masaknya, belum lagi nunggu masaknya sampe 5 jam, ahai gak banget deh, mending buat karamel sendiri sesuai resep. Bikin karamelnya juga sebaiknya yang kental banget, karamel yang saya buat kurang kental, alhasil biarpun si banoffee udah nginep semalaman di kulkas, pas dipotong, karamelnya meleber ke mana-mana, jadi jelek deh hasil potongannya.

Banoffee Pie

Sumber: Foodtown Magazine. October-November 2007

Kulit : (saya cuma pakai 1/2 resep di bawah ini, pas banget untuk loyang pie diameter 20 cm)

  • 300g tepung terigu (saya dinginkan dulu)
  • 150g mentega tawar, iris dadu
  • 5 sdm gula (saya pakai gula kastor)
  • 2 kuning telur
  • 3 sdm air dingin
Cara Membuat :
  • Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (saya tidak punya food processor, jadi hanya menggunakan pisau pastry, kalau gak punya pisau pastry, pakai kakinya mixer atau garpu juga bisa)  Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan diuleni), bungkus dengan plastik. Diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.
  • Keluarkan dari kulkas, giling. Kalau tidak bisa digiling, letakkan saja langsung di loyang, tekan-tekan dengan ujung jari, sehingga seluruh permukaan loyang tertutup adonan. 
  • Tusuk dasar kulit dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.
  • Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. 

  • Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering (saya lupa melakukan proses yang ini, tapi kulit pie-nya cukup renyah koq).
Bahan Isi : (saya pakai 2/3 resep di bawah)
  • 75g mentega
  • 50g brown sugar (saya pakai gula palem)
  • 3 sdm susu cair
  • 300g SKM
  • 2 buah pisang matang tapi tidak lembek
Topping :
  • 300ml whip cream (kocok sesuai petunjuk pada kemasan)
  • dcc parut secukupnya
Cara Membuat :


  • Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. 
  • Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. 
  • Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. 
  • Kembalikan ke atas api dan didihkan. 
  • Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).
  • Iris-iris pisang dan susun di dasar kulit yang sudah dipanggang. 
  • Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. 
  • Semprot whip cream yang sudah dikocok. 
    baru 4 bulan gak pegang spuit, langsung kesulitan pas nyemprot whip cream dengan spuit
  • Taburkan dcc serut di atasnya. 
Happy baking (^-^)




















No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...