Wednesday, September 17, 2014

Cake Tape ala Pak Sahak

Dalam rangka menghabiskan tape singkong yang masih ada banyak di kulkas, hari ini saya buat cake tape ala pak Sahak. Sudah lama sebenarnya saya pingin nyoba resep ini, tapi baru kesampean sekarang berhubung tape singkong agak susah diperoleh di daerah rumah saya.


Pembuatan cake ini menggunakan metode all in one, yaitu semua bahan kecuali tape sama margarine leleh, dikocok bersamaan. Suka deg-deg an sebenarnya kalo pake metode all in one ini, takut bantet, makanya emulsifiernya tidak saya skip supaya adonan lebih stabil. Tapi sekalipun pake emulsifier, cake ini enak banget lho rasanya, tetap padat dan gak seret tuh, mirip-mirip bolu jadul kalo menurut saya. Anak saya yang kecil langsung habis 2 potong.

Setelah matang, warna pada cakenya tidak rata, tadinya saya pikir bantet, ternyata bukan bantet, sepertinya karena saya mengaduk campuran tapenya kurang rata, tapi tidak berpengaruh ke rasanya.

Berikut resepnya ya..



Cake Tape ala Pak Sahak
Bahan A :
  • 5 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 125 gr gula pasir (saya pakai gula pasir yang diblender dulu)
  • 125 gr terigu protein sedang
  • 10 gr maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt emulsifier
Bahan B:
  • 125 gr tape singkong kuning haluskan (saya pake tape putih)
  • 1/2 sachet SKM putih (saya pake 2 sdm)
Bahan C :
  • 125 gr margarine lelehkan
  • 25 gr minyak goreng
Cara membuat :
  • Siapkan loyang tulban, oles margarine dan tabur terigu.
  • Panaskan oven.
  • Campur bahan A, kocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental berjejak kira-kira 5-7 menit.
  • Campur bahan B, masukkan ke kocokan adonan, aduk rata.
  • Masukkan bahan C, aduk balik.
  • Tuang ke loyang tulban berdiameter 18 cm (saya pake yang diameternya 20 cm tanpa mengubah komposisi resep, hasilnya agak pendek cakenya).
  • Panggang selamat 40 menit (saya cuma 30 menit).

Happy baking (^-^)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...