Tuesday, September 23, 2014

Triple Choco Brownies





Tergoda juga buat brownies ala Ummu Allegra yang lagi happening di grup kuliner ncc. Jujur aja tadinya saya gak terlalu tertarik untuk buat, karena saya sudah punya resep andalan buat brownies yang biasa saya buat yaitu super fudgy brownies. Tapi baca reviewnya di beberapa blog yang biasa saya kunjungi, komentarnya positif semua, jadi saya buat juga untuk bekal sekolah anak sulung saya.


Biasanya saya buat brownies panggang tidak pernah dikocok menggunakan mixer hanya dengan balon whisk saja. Tapi kali ini saya coba ikuti resep aslinya yang mengocok dengan mixer, memang cuma asal kocok saja yang penting gula larut.

Untuk rasa menurut saya cukup enak, hampir mirip sama super fudgy brownies, sekalipun buat saya masih enakan super fudgy brownies, yang rasanya nyoklat abis. Kalau dari segi penampilan, brownies yang ini memang lebih cakep sih, karena ada guratan dcc leleh di atasnya. 

Karena malas bongkar file resep di grup ncc, saya lihat resep yang tertulis di blog mbak Nina di mana takaran gula dikurangi dari resep aslinya, tapi menurut saya rasanya malah jadi kurang manis. Mungkin kalau takaran gula sesuai ukuran aslinya, rasanya akan jauh lebih enak.

Triple Choco Brownies 
Sumber : Ummu Allegra




Bahan :
  • 3 butir telur
  • 150 gr gula pasir (aslinya 200 gr)
  • 100 gr gula palem (aslinya 125 gr)
  • 115 ml minyak goreng
  • 1 sdt vanilla bubuk
  • 100 gr dcc lelehkan
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • choco chips secukupnya
Cara Membuat :
  • Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Oles margarin atau minyak dan alas dengan kertas roti hingga sisi-sisinya. Sisihkan.
  • Campur dan ayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
  • Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanilla bubuk selama 2-3 menit, hanya sampai gula larut. Saat mengocok, mixer digerakkan bolak balik dan jangan searah ya.
  • Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimixer bolak-balik. Bisa juga diaduk memakai sendok kayu atau spatula ya.
  • Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
  • Masukkan sebagian chocochips. Aduk rata.
  • Tuang dcc leleh, sisakan sedikit untuk topping. Aduk rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang. Buat motif cokelat leleh di atasnya dengan menggunakan sendok dan taburi sisa choco chips.
  • Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit dan letakkan loyang di rak atas.
  • Turunkan suhu menjadi 150'C dan pindahkan loyang ke rak tengah (kalau yang ovennya 2 rak, berarti dipindah ke rak bawah ya). Panggang selama 20-25 menit. Jangan melebihi waktu tersebut ya karena bila overbaked, tekstur browniesnya tidak akan chewy bagian dalamnya.
  • Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.
Notes :
  • Loyang pertama kali diletakkan di rak atas dan dioven menggunakan suhu tinggi agar bisa mendapatkan lapisan shiny crust khas brownies, yaitu lapisan tipis yang retak-retak.
  • Setelah dipanggang selama 20-25 menit dengan suhu 150'C, kemungkinan tekstur brownies ketika dipegang belum set sekali. Nanti setelah dingin brownies akan set dan didapatkan tekstur yang chewy (sepertinya pada kalau buat lagi, waktu panggangnya harus dikurangi, karena saya tidak mendapatkan tekstur yang chewy).
  • Apabila suka dengan brownies yang bagian dalamnya kering, waktu pemanggangan bisa ditambah.
  • Next time kalau buat lagi, kayaknya enakan dikocok pakai balon whisk aja, gak perlu mixer, saya lebih tekstur brownies yang dikocok tanpa mixer.










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...