Friday, September 19, 2014

Coffee Bun a.k.a Roti Boy wanna be



Selain donat J.Co, roti boy merupakan salah satu makanan favorit anak bungsu saya. Waktu belum genap 2 tahun umurnya, tiap diajak ke mall dan lihat counter roti boy selalu minta dibelikan, "beli roti aboy mama..." (dia nyebutnya memang roti aboy).


Dulu saya sudah pernah buat roti ala roti boy ini, cuma belum sempat diposting dan difoto, keburu habis dimakan.

Buat roti sebenarnya mudah sekali, sekalipun tidak menggunakan mixer roti atau bread maker, karena buatnya cuma sedikit, jadi diuleni manual dengan tangan ya no problem. Kecuali kalau bikinnya banyak, terus nguleni pake tangan, wow banget tuh, bisa gede otot-otot tangan deh. Yang buat males kalo bikin roti sebenarnya karena nunggu fermentasinya yang lama, apalagi kalau cuaca mendung. Kadang keburu hilang mood bakingnya kalau kelamaan nunggu fermentasi adonan.

Untuk rasanya ya gak bisa disamain persis sama roti boy yang asli, namanya juga wanna be. Toppingnya buat saya kemanisan dan kurang renyah, tapi untuk rotinya sendiri empuk banget sekalipun tanpa bread improver. Sayang bentuk bulatnya kurang bagus. Salah saya juga sih, waktu manggang harusnya loyang saya cuma muat 6 buah, tapi saya paksain manggang sekaligus 12 buah, supaya sekali manggang beres. Alhasil, rotinya pas matang jadi dempet-dempetan, gak cakep lagi deh bentuknya :(


Coffee Bun a.k.a Roti Boy wanna be
Sumber : cakefever

Bahan Roti :  (saya cuma buat 1/2 resep di bawah)

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula
  • 11 gram ragi instant
  • ½ sdt bread improver (saya gak pakai)
  • 4 butir kuning telor
  • 300 ml air es (saya pakai susu UHT)
  • ½ sdt garam
  • 100 gram mentega (saya pakai margarine)
Bahan Isi :
  • Butter beku secukupnya, potong kecil-kecil
Cara membuat:
  • Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
  • Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  • Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, tergantung kehangatan suhu ruang.
  • Setelah mengembang, kempiskan lalu ambil adonan seukuran yang diinginkan, sekitar 40-50 gram. Bulatkan, gepengkan, isi dengan butter beku. 


  • Setelah diisi, tutup, bulatkan lagi. Biarkan mengembang lagi sekitar 30-60 menit.
  • Setelah mengembang, semprotkan topping yang dimasukkan ke piping bag (plastik segitiga), semprotkan melingkar seperti obat nyamuk.

 
  • Oven 20 menit dengan suhu 180 C
Bahan Topping:
  • 50 gram gula halus
  • 50 gram gula palem
  • 100 gram mentega
  • 80 gram telur
  • 130 gram terigu protein rendah
  • 5 gram kopi instant + 1 sdm air panas
  • 5 gram essence kopi 
Cara membuat:
  • Kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata lalu masukkan ke dalam plastik segitiga. 
  • Simpan di kulkas dulu sebentar sebelum dipakai.
    Ukuran telur kalau bisa sesuai resep, jadi harus ditimbang sebab kalau telurnya terlalu besar bisa membuat adonan topping menjadi terlalu lembek dan cair.
Happy baking (^-^)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...