Saturday, November 30, 2013

Cheese Butter Cake

Saya lebih menyukai tekstur butter cake yang padat ketimbang sponge cake. Selain itu dari segi pembuatan, butter cake juga jauh lebih mudah dan kemungkinan gagalnya sangat kecil.
Sebelumnya saya sudah pernah mencoba peanut butter cake dengan resepnya bu Fatmah Bahalwan ncc, kali ini saya ingin mencoba jenis butter cake yang lain tapi tidak menggunakan resep ncc lagi, melainkan hasil blogwalking. Cheese butter cake kali ini kejunya berasa sekali. Di sini saya menggunakan loyang brownies ukuran 24 x 10 x 4 cm. Untuk jenis butter cake, hasil akhirnya cukup tinggi cakenya, mungkin lain kali kalau membuat lagi penggunaan telurnya bisa dikurangi. Buat pecinta keju, rasa butter cake ini 'ngeju' banget.


CHEESE BUTTER CAKE
Sumber : http://masakanmelly.blogspot.com 

BAHAN :

125 gram salted butter 
125 gram gula kastor (bisa diganti gula pasir yang diblender)
3 telur ukuran sedang (kalau yang besar pakai 2 saja)
100 gr keju cheddar parut
125 gram terigu (saya pakai protein rendah)
1/2 sdt baking powder
50 ml susu cair

TOPPING :

Krim kocok secukupnya
Keju parut
Potongan cherry merah

CARA MEMBUAT :

Panaskan oven. Siapkan loyang, oles dengan margarine, alas kertas roti, oles margarine lagi.
Kocok mentega dan gula sampai kental.
Masukkan telur satu per satu sambil tetap dikocok dengan kecepatan rendah. Kalau telur sudah tercampur dengan adonan, baru masukkan telur berikutnya.
Masukkan keju parut sambil terus dikocok.
Matikan mixer.
Masukkan campuran terigu ayak, berselang dengan susu cair, dimulai dengan terigu dan diakhiri lagi dengan terigu, sambil diaduk balik.
Tuang adonan dalam loyang dan panggang.
Setelah matang, keluarkan dari loyang, oleskan krim kocok, potong-potong, tabur dengan keju parut dan beri cherry pada setiap potongannya. (Di resep asli, parutan keju ditaburi di atas adonan sebelum dipanggang) 


4 comments:

  1. Selamat malam mba, salam kenal. Saya lg nyari resep cake keju yang simple ni, seneng dech nemu di blog ini. Mau tnya ya mbak, menurut mbak lbh enak mana resepyg ini apa yg dri ncc bu fatmah. ?.. lebih lembut n moist yg mana?..

    Terima kasih sebelumnya, dari yg lg bingung dgn pilihan cake keju ): _ ida.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga mbak Ida, kalau untuk butter cake baik resep ini atau resepnya bu Fatmah Bahalwan, buat saya keduanya sama enaknya. Kalau pilihannya cake keju, saya cenderung lebih suka classic cheese cake, saya pernah posting juga di sini, coba searching di label cake jadul. Tapi semua kembali ke selera masing-masing ya.. (^-^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah di reply ya mba. Saya udah liat classic cheese cake yg mba blang, fotonya cantik dech bikin ngelir. Tp saya pengen coba yg ini aja dulu dech lebih simple dan irit telur,cocok bagi pemula sepeti saya. Nanya 1 lg ya mba, kalo mau bikin 2 kali resep diatas telurnya jd berapa butir ya mba?... utk telur ukuran sedang?..
      Karna saya baca penjelasan mba diatas klo bikin lg jmlh telur mau dikurangi hehehe...mohon prncerahannya ya mbak makasih sebelumnya. By,_ida.

      Delete
    2. Dear mbak Ida, kalau mau buat 2 kali resep di atas, tinggal dikali 2 aja jumlah bahannya semua termasuk telur (ukuran sedang). Telurnya kalau mau dikurangi bisa digunakan 5 butir saja, karena tempo hari pas buat memang cakenya cenderung agak tinggi untuk ukuran cake potong. Semoga bantu ya (^-^)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...