Tuesday, April 8, 2014

Martabak Terang Bulan


Tadi malam tiba-tiba kepingin makan martabak manis, tapi situasinya tidak memungkinkan untuk keluar rumah. Akhirnya coba buat sendiri.

Sebetulnya saya sudah beberapa kali membuat sendiri martabak manis anti gagal dan martabak pandan, tapi martabak kali ini versi tanpa ragi.


Seperti biasa saya hanya buat 1/2 resep dan menggunakab wajan teflon berdiameter 24 cm. Hasilnya menurut saya terlalu tipis, karena di resep aslinya memang disarankan memakai loyang ukuran 18 cm. Harusnya saya membuat 3/4 resep aslinya jika ingin lebih tebal.

Martabak Terang Bulan (untuk 2 loyang berdiameter 18 cm)
Sumber : ricke just ordinary kitchen

Bahan :
  • 250 gr terigu protein sedang
  • 1/2 sdt BPDA
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 30 gr gula pasir (saya pakai gula kastor)
  • 400 ml susu UHT
  • 1/2 sdt baking soda
  • 2 sdm air
Bahan Isian :
  • margarine atau mentega untuk olesan
  • kacang tanah sangrai, cincang kasar (di tbk dekat rumah saya ada jual kacang sangrai cincang siap pakai)
  • meises
  • susu kental manis
Cara membuat :
  • Campur terigu dengan BPDA (saya tidak ayak karena nanti adonannya juga akan disaring).
  • Kocok telur, gula dan garam sampai gula larut (saya mengocok dengan whisk bukan mixer).
  • Masukkan susu cair, aduk rata.
  • Masukkan campuran terigu, aduk sampai halus dan saring.
  • Panaskan teflon, setelah panas, kecilkan api (kecil sekali ya), biarkan 10 menit supaya panas teflon merata dan stabil.
  • Bagi 2 adonan.
  • Sesaat sebelum menuang adonan ke teflon, campurkan 1/4 sdt baking soda dengan 1 sdm air.
  • Masukkan ke ke adonan, aduk cepat, segera tuang ke teflon panas.
  • Masak dengan api kecil, jangan ditutup sampai terbentuk lubang-lubang pada adonan.
  • Taburi gula pasir, tutup rapat teflon.
  • Masak sampai martabak matang.
  • Angkat dari teflon.
  • Oles margarine atau mentega.
  • Beri bahan isian.
  • Tuang susu kental manis.
  • Belah martabak jadi 2, lipat.
  • Oles mentega lagi.
  • Potong-potong.
  • Lakukan hal yang sama pada sisa adonan, baking soda dicampur menjelang adonan dimasak karena baking soda hanya bereaksi 10 menit saja setelah dicampur adonan.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...