Thursday, April 3, 2014

Brownies Kukus Pisang




Ada setengah sisir pisang barangan di kulkas, sudah hitam kulitnya, tapi belum busuk. Dari kemarin coba googling resep berbahan pisang tapi masih belum ada yang sreg di hati, sampai saya ketemu resep brownies kukus pisang di blognya mbak Endang. Tertarik karena buatnya mudah, no mixer, no oven, cuma aduk-aduk sebentar.


Biasanya brownies versi kukus diaduk dengan mixer, kali ini cukup aduk dengan whisk saja, malahan saya aduk pakai sendok makan. Malesnya lagi kambuh hehe.. jadi gak terlalu banyak cucian piring kan, secara sudah gak pakai asisten rumah tangga lagi soalnya.

Sekalipun tanpa mixer, browniesnya tetap mengembang, mungkin karena penggunaan BPDA yang masih fresh. Rasanya enak, lembut khasnya cake yang dikukus dan pisangnya berasa banget. Gunakan pisang yang benar-benar matang supaya rasa dan aromanya enak.


Brownies Kukus Pisang
Sumber :  just try and taste

Bahan :

  • 100 gr terigu protein sedang
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 1/2 sdt BPDA
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr dcc
  • 125 gr gula pasir (saya pakai gula kastor)
  • 3 sdm margarine
  • 1/2 sdt vanilli bubuk (saya pakai vanilla bubuk)
  • 300 gr pisang haluskan dengan garpu (saya pakai pisang barangan)
  • 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas


Cara membuat :

  • Siapkan loyang ukuran 20x20 cm (saya pakai loyang bundar berdiameter 18 cm).
  • Ayak terigu, coklat bubuk, BPDA dan garam, sisihkan.
  • Lelehkan dcc, masukkan gula pasir, margarine dan vanilla, aduk rata.
  • Matikan api.
  • Masukkan pisang, aduk rata.
  • Masukkan telur, aduk rata.
  • Masukkan campuran terigu secara bertahap, aduk sebentar saja asal rata.
  • Tuang dalam loyang yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti.
  • Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan dulu.
  • Tutup kukusan dibungkus serbet supaya uap air tidak menetes ke cake.
  • Kukus selama 45 menit dengan api sedang, jangan buka tutup dandang selama proses mengukus cake, jadi pastikan air dalam dandang cukup untuk memasak selama 45 menit.
  • Setelah matang, keluarkan dari dandang, dan langsung keluarkan dari loyang.
  • Saya jadi 12 potong brownies, tapi rasanya potongannya terlalu besar.

Happy cooking ^;^



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...