Sunday, August 10, 2014

Brownies Panggang Pisang

Aslinya ini adalah brownies kukus pisang, tapi saya buat dengan cara dipanggang. Versi kukusnya juga saya sudah pernah buat. Bikinnya gampaaang banget. Kalau lagi pengen makan kue buatan sendiri tapi gak pake lama sama cucian piringnya sedikit (apalagi kalo gak punya ART), buat brownies aja.



Reviewnya beberapa foodie blogger waktu saya blogwalking, katanya brownies panggang pisang ini enak banget. Kalo buat saya rasanya lumayan lha, sekalipun saya pecinta pisang, saya masih lebih suka super fudgy brownies yang pernah saya buat. Anak saya juga kurang suka rasanya, padahal rencananya brownies ini buat bekal sekolahnya besok, jadi batal deh dibawa ke sekolah, daripada ujung-ujungnya gak dimakan. Tapi selera orang kan beda-beda ya, kalo penasaran mending coba buat apalagi kalo dapet diskonan pisang, di supermarket biasanya pisang yang sudah terlalu matang bisa diskon sampai 50%, nah pisang kematangan ini justru yang enak untuk bikin kue, karena aromanya lebih kuat sama rasanya lebih manis.


Brownies Panggang Pisang
(resep asli dari brownies kukus pisangnya  just try and taste )

Bahan :
  • 100 gr terigu protein sedang
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 1/2 sdt BPDA
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr dcc
  • 125 gr gula pasir (saya pakai gula kastor)
  • 3 sdm margarine
  • 1/2 sdt vanilli bubuk (saya pakai vanilla bubuk)
  • 300 gr pisang haluskan dengan garpu (saya pakai pisang ambon sukabumi)
  • 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • irisan almond sangrai untuk taburan
Cara membuat :
  • Siapkan loyang ukuran 20x20 cm (saya pakai loyang 20x10 cm, 1/2 resep).
  • Ayak terigu, coklat bubuk, BPDA dan garam, sisihkan.
  • Lelehkan dcc, masukkan gula pasir, margarine dan vanilla, aduk rata.
  • Matikan api.
  • Masukkan pisang, aduk rata.
  • Masukkan telur, aduk rata.
  • Masukkan campuran terigu secara bertahap, aduk sebentar saja asal rata.
  • Tuang dalam loyang yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti.
  • Tabur almond.
  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan.
  • Panggang selama 30 menit.
  • Lakukan tes tusuk.
  • Angkat bila sudah matang.
Happy baking ((^-^))





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...