Wednesday, August 6, 2014

Tempe Kemul

Tempe kemul a.k.a tempe goreng tepung, lauk atau cemilan sederhana tapi rasanya enak banget, apalagi makannya panas-panas sama cabe rawit plus kecap manis, hmmmhh bisa habis 1 papan sendiri deh.


Resepnya seperti biasa saya lihat di web ncc, tapi saya tambahkan kencur biar mirip-mirip sama rasa tempe mendoan Wonosobo, kalau yang ini versi keringnya (mendoan kan biasanya cuma digoreng setengah matang).
 

Untuk penggunaan kaldu blok saya skip karena setiap masak sebisa mungkin saya selalu berupaya menghindari adanya penggunaan MSG dalam masakan saya. Kaldu blok saya ganti dengan kaldu bubuk non MSG buatan sendiri, yang terbuat dari bawang putih iris yang ditaburi garam kemudian digoreng kering dan setelah matang dan dingin dihaluskan. Simpan di wadah tertutup di kulkas, tinggal dipakai kapan pun saya perlu.

Tempe Kemul
Sumber : ncc


Bahan :

  • 1 papan tempe, iris tipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan tepung:
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 3 bh bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • 3 bh kemiri
  • 1 sdt garam
  • 1 ruas kunyit
  • 1 buah kaldu blok bila suka (saya pakai kaldu bubuk non MSG buatan sendiri)
  • 1 sdm daun kucai iris kecil (saya pakai daun bawang)
  • 1 ruas kencur (tambahan dari saya)
  • Air secukupnya.
Cara membuat :
  • Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan kunyit. 
  • Campurkan dengan tepung terigu, tepung beras dan kaldu blok (saya kaldu bubuk non MSG).
  • Beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan celup. 
  • Masukkan daun bawang, aduk rata. 
  • Panaskan minyak goreng. 
  • Celupkan tempe pada adonan tepung, langsung goreng. 
  • Biarkan hingga warnanya kuning keemasan. 
  • Angkat. 
  • Sajikan bersama cabe rawit hijau.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...