Monday, August 25, 2014

Pie Mawar Apel


Mawar ini terbuat dari apel lho, dan buatnya gampang banget. Awalnya saya gak tertarik karena tadinya saya pikir itu apel yang dijadikan garnish dan diukir-ukir dengan pisau, duh kebayang deh ribetnya, ternyata saya salah. Mawar apel ini adalah pie (atau cupcake ya? abis buatnya pakai papercup) dengan topping apel. Tadinya mau saya kasih nama pie rose apple, biar kerenan dikit. Tapi pas lihat di google translate, pie rose apple ternyata artinya pie jambu... lho? Malah gak nyambung. Ya sudah pakai bahasa Indonesia aja deh, jadilah si pie mawar apel.


Sekalipun namanya pie, tapi cara pembuatannya sedikit berbeda dengan buat kulit pie pada umumnya. Kulit pie biasanya tidak boleh diuleni dengan tangan untuk menghindari mentega meleleh terkena suhu telapak tangan yang hangat yang bisa menyebabkan kulit pie jadi keras setelah dipanggang, tapi pie yang ini justru diuleni dengan tangan. Mungkin supaya adonannya jadi lebih kokoh karena digunakan untuk membungkus apel.  Kalau dibuat dengan cara seperti pembuatan kulit pie seperti biasanya, kemungkinan adonan akan rapuh waktu membungkus irisan apel.

Saya memang lagi mencari resep kue yang menggunakan apel. Anak sulung saya dari minggu lalu minta dibuatkan kue yang ada apelnya untuk bekal sekolah. Koq ya kebetulan di grup kuliner ncc ada yang posting mawar apel ini. Sumbernya sendiri dari akun facebook  sebuah acara TV Jepang, yang lengkap dengan video tutorialnya, saya gak tahu nama acaranya apa, semuanya pake tulisan kanji, yang bukan huruf kanji cuma tulisan "TV Japan" aja, untungnya video tutorialnya pake bahasa Inggris, kalo pake huruf kanji juga, gak mudeng lha saya.

Untuk rasanya menurut saya biasa aja, masih jauh lebih enak pie apel yang biasa saya buat ketimbang yang ini. Tapi saya suka penampilan mawar apel ini, cakep hehehe...

Pie Mawar Apel

Bahan :
  • 1 buah apel merah (saya pakai apel fuji)
  • 1 sdm madu
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm air
  • 60 gr butter
  • 110 gr terigu protein sedang
Bahan Olesan :
  • 3 sdm madu
  • 1/2 sdm gula pasir
  • kayu manis bubuk sedikit (optional)
Bahan Taburan :
  • Gula halus secukupnya
Cara Membuat :
  • Belah apel menjadi 2 bagian. Buang bagian tengahnya, iris tipis.
  • Masukkan apel dalam wadah, campur dengan madu, air dan gula pasir.




  • Masak sebentar di atas kompor 3-5 menit.


  • Angkat, tiriskan, dinginkan.
  • Taruh butter dalam wadah lain, masukkan air rebusan apel.

  • Tambahkan terigu, aduk rata.


  • Uleni adonan sampai kalis, kalau adonan terlalu lembek sehingga sulit digiling, tambahkan lagi terigu sedikit demi sedikit.

  • Ambil sedikit adonan, giling tipis memanjang.
  • Rapikan pinggirannya dengan pisau.
  • Tata potongan apel di atas adonan yang telah digiling, sekitar 5 irisan apel.

  • Gulung perlahan sehingga membentuk seperti kelopak mawar.


  • Letakkan di paper cup.

  • Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 15-20 menit.

  • Beri bahan olesan.
  • Tabur gula halus.



  • Simpan di kulkas.
Happy baking (^-^)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...