Saturday, November 22, 2014

LV Bag Cake for My Mom


Sudah lama saya kepengen sekali buat cake yang dicover fondant. Tapi setiap kali baca review di google, banyak yang bilang fondant lengket, handlingnya repot, sangat tergantung pada cuaca, dan seterusnya, jadi maju mundur nih mau pegang fondant.
Belum lagi fondant tools yang harganya selangit itu, mau beli koq mikir ya, secara saya bukan bakulan, buat kue juga untuk konsumsi sendiri, jadi sayang juga kalau harus beli tools yang mahal-mahal itu. Padahal di lemari saya tersimpan fondant merk fondx, yang sengaja saya beli buat latihan. Beberapa waktu yang lalu akhirnya saya nekat main-main sama fondant, buat brownies kukus ukuran mini 12x12 dan dicover fondant (tidak saya foto karena memang bener-bener cuma iseng aja), dan ternyata tidak sesusah apa yang saya sangka selama ini, buat saya jauh lebih gampang handling fondant ketimbang buttercream. Langsung diniatin buat 3D cake cover fondant untuk kue ulang tahun mama saya.

Dengan modal nonton youtube, nanya sama mbah google, lihat buku cake decorating, jadi juga ternyata si LV bag cake ini. Peralatan yang digunakan juga sebatas yang ada di dapur, no fondant tools sama sekali. Untuk menggiling fondant juga saya hanya menggunakan botol susu anak saya. Alas gilingnya saya gunakan plastik bersih seperti plastik untuk pembungkus buah, saya potong 2 plastiknya supaya lebar. Kemudian cookie cutter bentuk abjad untuk mencetak huruf, penggaris besi, scrapper untuk membuat pola resleting, tusuk gigi untuk membuat pola jahitan, gunting dan pisau. Ditambah sedikit maizena supaya fondant tidak terlalu lengket (bener-bener sedikit, karena ternyata tidak lengket-lengket amat). Buat yang terbiasa ngulenin adonat donat pake tangan, dijamin ngulenin fondant jauh lebih gampang ketimbang ngulenin donat. Yang penting semua peralatan yang digunakan bersih. Pewarna yang saya gunakan juga cuma pewarna cair untuk makanan dalam jumlah sangat sedikit, bukan pewarna bubuk khusus fondant yang mahal itu (saya pakai merk koepoe-koepoe). 

Untuk logo LV saya menggunakan edible image yang saya gunting satu-persatu. Tadinya mau pakai edible langsung perlembar yang tinggal tempel, tapi ternyata ada salah komunikasi dengan pihak pencetak edible. Jadi saya dibuatkan edible lambang LV dalam satu lembar A4, dengan lambang-lambang yang disusun rapat (biar irit kertas maksudnya, jadi saya cukup pesan 1 lembar saja, itupun masih sisa banyak), cuma pekerjaan menggunting lambang LV ini cukup lama, butuh 1 jam sendiri.

Base cakenya saya menggunakan lapis Surabaya ncc, ukuran 20x20 cm, yang saya bagi 2 sama besar, kemudian ditumpuk jadi satu. Tadinya maunya pakai brownies kukus, tapi berhubung saya tidak punya klakat, yo wis pilihan jatuh ke lapsur ncc. Lapsur ncc ini rasanya enak banget buat saya, kekurangannya cuma satu, kuning telurnya buanyak banget pakenya, kalau makan ini jangan mikir kolesterol deh, stress sendiri.. Fondantnya pake merk fondx (cuma butuh kira-kira 3/4 kg), yang wangi sama rasanya enak, tapi enek kalau kebanyakan dimakan, secara terbuatnya dari gula. Jadi pas dipotong, fondantnya dikletekin (duh bahasanya deh..), yang dimakan cakenya aja. 

And this is it... LV bag cake, my first fondant cake..




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...