Sunday, October 19, 2014

Bolu Gulung Buttercream Keju


Bolu gulung lagi, yeay... benar-bener penasaran sama si bolgul ini, kali ini saya memakai resep bolu gulung kuno ncc yang versi 1. Kalau tempo hari buat yang versi 2 dengan pemakain telur segambreng itu, kalau versi ini pemakaian telurnya juga banyak tapi tidak sebanyak yang tempo hari saya buat. 

Dari segi rasa juaranya tetap si bolu gulung nutella. Bukan nutella-nya yang bikin saya kesengsem, tapi lebih karena bolunya yang super duper enak itu. Sekalipun begitu yang versi ini juga enak koq, walaupun teksturnya sedikit kasar. Untuk teksturnya yang kasar, kesalahan bukan pada resep, tetapi pada saya, mungkin kocoknya kurang lama atau malah kelamaan ya? wah gak tau juga, memang harus buat berulang kali supaya tahu letak salahnya di mana.

Kali ini bolgulnya saya isi dengan buttercream buatan sendiri yang murni terbuat dari butter salted (harusnya unsalted) dikocok dengan gula halus, kemudian ditambah dengan potongan keju saat digulung. Kayaknya fillingnya punya pengaruh besar yang buat bolgul ini jadi enak. Sayangnya karena buttercreamnya murni dari butter, teksturnya tidak sekokoh buttercream hollman ataupun yang dari mentega putih itu, jadi waktu bolunya saya taruh di tupperware di mobil, dan mobil saya tinggal di parkiran cukup lama, melelehlah si filling, tapi rasanya teteup enak.

Bolu Gulung Buttercream Keju


Bahan A:
  • 8 btr kuning telur
  • 4 btr telur utuh
  • 125 gr gula pasir
  • 1 sdt vanilli
Bahan B:
  • 100 gr tepung terigu
  • 10 gr susu bubuk
  • 10 gr tepung maizena
Bahan C:
  • 100 gr margarine, lelehkan (saya campur wysman dengan perbandingan 1:1)
Bahan D:
  • 50 gr butter unsalted
  • 45 gr gula halus
  • sedikit rum bila suka
Cara membuatnya:
  • Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B aduk rata, tuangi bahan C aduk balik hingga rata.
  • Ambil 3 sdm adonan, beri pasta cokelat, aduk rata. Masukkan kedalam plastik segitiga.
  • Tuang adonan kuning kedalam loyang 25x35x4cm, ratakan (saya pakai loyang 20x20 cm, 1/2 resep). 
  • Panggang dalam oven suhu 200’C sampai matang dan permukaannya kering
    Angkat, biarkan agak hangat dan uapnya hilang. Balik diatas kertas roti, gulung segera dan kencangkan.
  • Tunggu bolu dingin, buka gulungannya isi dengan bahan D yang sudah dikocok rata, gulung kembali.
  • Simpan di kulkas.
Happy baking ^-^

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...