Tuesday, May 13, 2014

Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam


Pagi ini saya buat cake pisang cokelat ketan hitam, dalam rangka menyelamatkan pisang cavendish yang sudah terlalu matang, sebelum jadi busuk dan terbuang percuma lebih baik saya olah jadi cake, lumayan buat cemilan saya sama anak-anak.


Resepnya saya lihat di blognya mbak Hesti, yang resep aslinya berasal dari majalah sedap tapi dimodifikasi sama mbak Hesti.

Reviewnya mbak Hesti, cake ini enak, tapi kalau buat saya rasanya agak asin, kenapa ya padahal resepnya gak pakai garam lho. Mungkin pengaruh dari margarine ya, kali ini saya pakai margarine merk filma. Next time kalau buat lagi margarinenya lebih baik diganti minyak goreng saja, supaya gak asin. Kalau pakai butter, kayaknya nanti cakenya malah hancur ya, karena cake ketan hitam cenderung beremah.

Resepnya sudah saya konversi untuk loyang tulban berdiameter 20 cm.

Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam
sumber : Hesti kitchen
Bahan :
  • 160 gr margarine
  • 100 gr gula palem
  • 3 butir telur
  • 3 buah pisang ambon matang, lumatkan dengan garpu
  • 40 gr terigu protein sedang
  • 100 gr tepung ketan hitam
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 3/4 sdt baking powder (saya pakai BPDA)
Cara membuat :
  • Panaskan oven.
  • Siapkan loyang tulban berdiameter 20 cm, oles margarine dan tabur terigu, sisihkan.
  • Ayak terigu, tepung ketan, cokelat bubuk dan BPDA.
  • Kocok margarine dan gula palem.
  • Masukkan telur satu persatu, kocok rata (kocokannya tidak mengembang ya).
  • Masukkan pisang, kocok dengan speed rendah.
  • Masukkan campuran terigu, kocok sebentar dengan speed rendah sampai tercampur rata.
  • Tuang dalam loyang tulban, ratakan dengan spatula, karena adonan kental sekali.
  • Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...